by

Yuk, Sama-sama Wujudkan Depok Kota Bebas Sampah

Walikota Depok, Mohammad Idris.
Walikota Depok, Mohammad Idris.

Depokrayanews.com- Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan akan terus melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan Depok sebagai Zero Waste City atau Kota Bebas Sampah.

“Untuk menangani permasalahan sampah yang luar biasa, kami akan terus melakukan berbagai tindakan agar lima tahun ke depan Depok dapat terbebas dari sampah,” kata Walikota Depok pada Konferensi Pers mengenai program unggulan Kota Depok, Senin (24/10/2016). Pada kesempatan itu, walikota didampingi Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kania dan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertanaman Ety Suryahati.

Menurut Idris, mewujudkan Depok sebagai Kota yang Bebas Sampah bukan pekerjaan yang mudah. Namun, hal yang akan dilakukan adalah bagaimana proses untuk mengubah perilaku masyarakat untuk tertib dalam membuang sampah serta terbiasa dengan pemilahannya. Seiring bertambahnya penduduk, maka jumlah sampah akan terus meningkat.

Meningkatnya jumlah sampah juga dipengaruhi oleh perubahan perilaku hidup manusia. Contohnya, dahulu masyarakat menggunakan popok kain untuk bayi tetapi sekarang menggunakan popok sekali pakai atau pampers. Dengan perubahan perilaku tersebut, setiap harinya produksi sampah dapat mencapai 10 ribu ton.

Masyarakat, kata Idris, harus mulai peduli terhadap keberadaan sampah yang setiap harinya dihasilkan dengan melakukan pemilahan sampah.

Untuk sampah organik, diolah menjadi pupuk, sedangkan sampah yang memiliki nilai dapat dibawa ke bank sampah untuk dilakukan daur ulang. Selanjutnya, sampah residu diserahkan ke TPA. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *