by

Ada Gerhana Matahari Hibrida, Bisa Nonton Bareng di TIM Disediakan 1.000 Kacamata

DEPOKRAYANEWS.COM- Gerhana Matahari Hibrida diperkiarakan yang akan terjadi pada Kamis 20 April 2023 mendatang. Bagi yang tidak mudik lebaran, bisa menyaksikan Gerhana Matahari itu di Taman Ismail Marzuki (TIM).

Tim Planetarium dan Observatorium Jakarta (POJ) meminta bagi masyarakat yang ingin hadir untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu secara daring.

Acara nonton bareng itu diselenggarakan Komunitas Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ), bersama Forum Pelajar Astronomi (FPA), Forum of Scientist Teenagers (Fosca), dan Forum Guru Astronomi.

Pembukaan pendaftaran akan diinformasikan di akun sosial media Planetarium dan Observatorium Jakarta (Instagram, Twitter, dan Facebook). Nantinya, masyarakat yang sudah mendaftar bisa datang ke kawasan Plaza TIM pada Kamis (20/4/2023) mulai pukul 07.00 WIB. Pihak POJ akan menyediakan 1.000 buah kacamata matahari.

“Untuk kegiatan 20 April nanti, kami akan menyiapkan kacamata matahari sebanyak 1.000 buah yang akan dibagikan kepada pengunjung,” kata Kepala Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta (PKJ) TIM Verony Sembiring dalam jumpa pers di TIM, Senin 10 April 2023.

Pembagian kacamata tersebut diprioritaskan bagi pengunjung yang sudah mendaftar secara daring. Namun, Verony mengatakan pihaknya akan berusaha mencari kacamata tambahan lain bersama mitra.

Selain kacamata, dia juga menyebut akan menyediakan merchandise lain. “Terkait merchandise, tahun ini kami bisa memberikan sebatas peta bintang. Jadi, kami hanya menyiapkan kacamata dan peta bintang,” tambah dia.

Pihak POJ juga akan menyediakan teleskop sebanyak 13 buah yang dilengkapi filter matahari. Setiap teleskop akan didampingi oleh dua mentor teleskop dari POJ dan komunitas Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ)

Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber ahli Dosen Fisika Universitas Negeri Jakarta Riser Fahdiran, M.Si yang akan menjelaskan mengenai fenomena tersebut dalam bentuk gelar wicara. POJ juga menyediakan beberapa LCD TV untuk melihat siaran langsung proses terjadinya Gerhana Matahari yang berlangsung di Anyer, Banten dan Biak Numfor, Papua. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *