by

Antisipasi Lonjakan Arus Mudik, Pelindo Siapkan 20 Terminal Penumpang

Depokrayanews.com- PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 3 menyiapkan 20 terminal penumpang dan kapal roll-on/roll-off (RoRo) untuk melayani arus mudik Lebaran 2024.

Langkah itu untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang diprediksi akan mencapai 713.449 orang atau naik 15 persen dari tahun lalu.

Pada 2023, penumpang embarkasi maupun debarkasi di Pelindo Regional 3 mencapai 620.291 orang.

“Kami telah siapkan berbagai fasilitas keamanan dan kenyamanan hingga kesehatan bagi pemudik, baik yang tiba maupun berangkat dari setiap terminal penumpang,” kata Senior Manajer Hukum dan Humas Pelindo Regional 3 Karlinda Sari dalam keterangan resminya Minggu 31 Maret 2024.

Menurut Karlinda, sejumlah pelabuhan utama diprediksi akan mengalami lonjakan penumpang yang signifikan dibandingkan hari biasa, seperti Tanjung Perak, Kumai, Batulicin, Sampit, Tenau Kupang hingga Tanjung Emas Semarang.

“Tak hanya persiapan dan koordinasi dengan internal perusahaan, namun kami juga terus berkoordinasi dengan pemangku kepentingan seperti otoritas pelabuhan dan perusahaan pelayaran untuk memastikan seluruh layanan untuk pemudik siap melayani,” ujarnya.

Pelindo pun diakui telah melakukan persiapan lebih awal untuk mengantisipasi lonjakan pemudik kendaraan dan orang.

“Kami telah memastikan seluruh terminal penumpang di wilayah kerja kami fasilitas umum baik fasilitas ruang tunggu, ruang menyusui, mushola hingga ruang kesehatan dipastikan siap melayani arus mudik lebaran tahun ini mulai sekarang,” kata Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki. (Ant/ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *