by

Axiata Akuisisi Link Net Rp 8,7 Triliun

DEPOKRAYANEWS.COM- Axiata Group Berhad (Axiata) dan PT XL Axiata Tbk (EXCL) resmi mengakuisisi saham PT Link Net Tbk (LINK) senilai Rp 8,72 triliun.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan perjanjian jual beli saham bersyarat (PJB) 66,03 persen saham bersyarat Link Net dari Asia Link Dewa Pte Ltd (ALD) dan PT First Media Tbk (KBLV).

Presiden & Group CEO Axiata Dato Izzaddin Idris mengatakan pihaknya mengambil alih saham Link Net senilai Rp 4.800 per saham.

Berdasarkan ketentuan PJB, Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd sebagai anak usaha yang secara tidak langsung dimiliki Axiata akan mengempit saham Link Net sebesar 46,03 persen. Sementara, XL Axiata menggenggam 20 persen saham Link Net.

Axiata Investments, selaku pemilik mayoritas nantinya diwajibkan untuk melakukan penawaran tender untuk membeli 33,97 persen saham Link Net yang tersisa. Hal ini sesuai dengan aturan yang berlaku di Indonesia.

Rencana pengambilalihan dan penawaran tender wajib ditargetkan selesai pada kuartal III 2022. Seluruh transaksi akan didanai melalui dana internal dan pinjaman dari bank.

“Investasi kami ke Link Net selaras dengan aspirasi Axiata untuk mendukung inklusi digital seiring dengan semakin berkembangnya masyarakat dan bisnis di wilayah Asia secara digital,” ungkap Izzadin dalam keterangan resmi yang diterima Jumat 28 Januari 2022.

Sementara, Direktur Utama XL Axiata Dian Siswarini mengatakan sinergi dengan Link Net akan membuat layanan menjadi semakin kuat. Hal ini khususnya terkait dengan konektivitas seluler, layanan broadband berbasis kabel, dan konten.

“Ke depannya, pelanggan kami yang semakin tidak bisa lepas dari gaya hidup digital dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk belajar, bekerja, dan bermain, dapat menantikan solusi yang telah tergabung dengan sukses yang akan membekali mereka untuk memiliki daya saing dan peluang untuk berkembang di era new normal saat ini,” kata Dian.(mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *