by

Beli Pesawat Rp1,5 T, Haji Isam Hanya Kenakan Kaus Oblong

Depokrayanews.com- Masih ingat dengan Bob Sadino ? Yang pengusaha kaya raya dengan banyak bidang usaha itu selalu mengenakan celana pendek ke mana-mana, termasuk ketika datang ke gedung DPR-RI. Padahal itu gedung wakil rakyat yang didalamnya semua berdasi. Di tempat parkir banyak mobil mewah. Ya, begitulah sosok Bob Sadino.

Kini muncul lagi sosok unik, kaya raya dengan berbagai bidang usaha. Untuk membeli pesawat senilai Rp 1,5 triliun, dia hanya mengenakan kaus oblong. Padahal mitra bisnisnya, apalagi bos pemilik industri pesawat itu berdandan rapi. Pakai jas dan dasi, tentu saja wangi.

Tapi lihat sosok yang satu ini. Dengan santai, dia tidak peduli dengan rekannya yang berdasi. Tapi dia tetap berkaus oblong. Itulah sosok Haji Isam. Sosok kaya raya dari Kalimantan. Foto dia mengenakan kaus oblong saat membeli pesawat menjadi viral di mana-mana. Siapa sosok itu ?

Nama aslinya, Andi Syamsuddin Arsyad. Tapi lebih dikenal sebagai Haji Isam. Pengusaha asal Kalimantan ini menjadi sorotan usai foto lamanya yang tengah membeli pesawat beredar dan viral di media sosial.

Foto yang dimaksud adalah potret sang ‘Crazy Rick Kalsel’ yang tengah membeli pesawat Boeing pada 2018 lalu. Yang menjadi perhatian, dalam foto tersebut Haji Isam tampak hanya mengenakan kaus oblong berwarna coklat.

Dikutip dari laman resmi Boeing, produsen pesawat asal AS itu mengumumkan pemesanan unit Boeing Business Jet (BBJ) MAX 7 oleh perusahaan milik Haji Isam, Seacons Trading Ltd pada 17 Juli 2018.

Dilansir dari berbagai sumber harga satu unit BBJ MAX 7 mencapai sekitar US$101,5 juta atau setara Rp1,58 triliun (asumsi kurs Rp15.645 per dolar AS).

Haji Isam merupakan pengusaha pemilik PT Jhonlin Group (JG) yang bergerak di berbagai bidang mulai dari pertambangan, layanan pelabuhan, transportasi udara, hingga manufaktur.

Perusahaan induk ini menaungi beberapa anak perusahaan seperti PT Jhonlin Baratama, PT Jhonlin Marine and Shipping, PT Jhonlin Air Transport, PT Jhonlin Agromandiri, PT Jhonlin Batu Mandiri, hingga Jhonlin Agro Raya.

Perusahaan yang disebut terakhir pun telah melantai di bursa saham sejak 2022. Kala itu, penawaran umum perdana saham sebanyak-banyaknya 1.222.950.000 saham biasa atas nama dengan nilai nominal Rp100.

Sebelum sukses seperti hari ini, pria kelahiran 1 Januari 1977 itu memulai karirnya sebagai sopir truk, pekerja perkayuan, hingga tukang tambang.

Haji Isam lalu mendapat jalan ke dunia pertambangan lewat seorang pengusaha Tionghoa-Surabaya. Dari situ, Haji Isam berani membuka usahanya sendiri.

Belum ada sumber terbuka yang mengungkapkan total kekayaan Haji Isam. Namun, ia pernah dikabarkan memiliki penghasilan mencapai Rp40 miliar per bulan.

Selain bisnis pertambangan, Haji Isam juga disebut memiliki usaha lain yang bergerak di sektor media, penyewaan jet pribadi, properti, dan lain sebagainya.

Bahkan, perusahaannya ini juga memiliki sebuah tim mobil balap bernama Jhonlin Racing Team.

Pada 2021, pabrik sawit milik Haji Isam yang berlokasi di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, baru saja diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi turut mengapresiasi langkah yang dilakukan Jhonlin Group sebab Indonesia tidak boleh hanya menjadi eksportir sawit mentah, melainkan harus mengolahnya lebih jauh.

Di tahun yang sama, Haji Isam juga pernah tersangkut kasus yakni dugaan pengkondisian pajak dan kasus menjanjikan uang miliaran rupiah ke Angin Prayitno. (mad/ris)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *