by

Munaslub Kadin: Anindya Bakrie Terpilih Jadi Ketua Umum, Arsjad akan Tempuh Jalur Hukum

DEPOKRAYANEWS.COM- Anindya Bakrie, anak pertama Aburizal Bakrie terpilih sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia pada Munas Luar Biasa (Munaslub) organisasi dunia usaha itu pada Sabtu 14 September 2024.

Anin terpilih secara aklamasi karena tampil sebagai calkn tunggal. Acara Munaslub itu iuga dihadiri Menteri Investasi/Kepala BKPM Roesan Aslani dan Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Usai terpilih, Anin mengaku ingin bekerja sama lebih baik dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo maupun pemerintahan Prabowo Subianto mendatang.

“Teman-teman di Kadin provinsi dan juga kabupaten itu mempunyai jaringan yang sangat luas, sehingga kami berharap dapat juga dilibatkan,” ujar Anin.

Tapi Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid tidak mengakui adanta Munaub tersebut karena Arsjad tidak diundang pada acara itu.

Mantan Ketua Tim Pemenangan Capres Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD itu merasa masa jabatannya baru akan berakhir pada tahun 2026 mendatang. Ia menyebut pelaksanaan Munaslub itu sebagai upaya kudeta.

Karena itu Arsyad menyatakan akan menempuh jalur hukum terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam Munaslub.

Arsjad mengatakan langkah hukum itu bakal dilakukan lantaran Munaslub kemarin dinilai tidak sah karena tidak sesuai dengan AD/ART Kadin Indonesia.

“Kami semua sangat menyayangkan kegiatan Munaslub ilegal yang diselenggarakan pada Sabtu 14 September di St Regist. Sebagai upaya individu mengambil alih kepengurusan Kadin dengan menyalahi aturan,” kata dia dalam konferensi pers, Minggu 15 September 2024

“Kami menegaskan tidak mengakui Munaslub. Kadin ialah lembaga independen, rumah bersama pelaku usaha. Hanya ada satu Kadin Indonesia,” kata dia.

Arsjad menjelaskan saat ini dewan pengurus juga sudah mulai melakukan investigasi terkait pelanggaran AD/ART yang dilakukan pihak Munaslub.

Ia meyakini dari hasil penyelidikan tersebut akan ditemukan bukti pelanggaran hingga keterlibatan individu ataupun kelompok tertentu di balik pelaksanaan Munaslub itu.

“Kami akan mengambil langkah hukum untuk menjaga integritas dan mengenakan aturan,” tegasnya.

Di sisi lain, Arsjad selaku ketua umum meminta agar semua anggota Kadin Indonesia dapat tetap solid dan tegak lurus mematuhi aturan yang ada untuk kemajuan organisasi dan menjalankan aturan organisasi.

“Kami akan ambil tindakan disipliner memastikan Kadin adalah rumah semua. Kita punya tugas besar di depan mata, ekonomi kita harus tumbuh 8 persen di pemerintahan mendatang,” tuturnya. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *