by

Pasokan Bio Farma tidak Bisa Penuhi Target Percepatan Vaksinasi Presiden Jokowi

Depokrayanews.com- Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir mengatakan pihaknya belum bisa memenuhi target percepatan vaksinasi dari Presiden Joko Widodo karena jumlah vaksinya belum mencukupi. Hingga saat ini Bio Farma sudah mendistribusikan 95 juta dosis vaksi Covid-19.

“Sampai hari ini kami sudah mendistribusikan lebih dari 95 juta dosis, memang kalau menurut arahan Presiden ingin meningkatkan kecepatan vaksinasi per hari menuju 2 atau sampai 3 juta per hari memang jauh dari cukup,” kata dia pada acara MUI bertajuk Komitmen Bersama Gerakan Nasional Majelis Ulama Indonesia, Selasa 3 Agustus 2021

Kecepatan vaksinasi saat ini ada di kisaran 1 juta dosis per hari dan pasokan masih mencukupi. Honesti mengatakan bahwa kecepatan produksi dan distribusi vaksin akan ditingkatkan seiring dengan percepatan vaksinasi covid-19.

Selain vaksin produksi Bio Farma, ia menambahkan pasokan juga dipenuhi dari impor vaksin jadi dan vaksin hibah dari WHO atau negara sahabat.

“Alhamdulilah vaksin tidak hanya kami produksi dari Bio Farma tapi juga ada perjanjian jual beli impor dan hibah dari WHO atau dari negara sahabat,” kata dia.

Honesti juga menekankan pentingnya kesadaran masyarakat untuk secepat mungkin mendapat vaksinasi. Sebab, sebanyak 80 persen dari pasien covid-19 yang dirawat di RS merupakan mereka yang belum divaksinasi. Sisanya, adalah mereka yang belum lengkap vaksinnya atau sudah dulu terpapar sebelum divaksin namun tidak terdeteksi di awal.

Terkait perdebatan tentang merek vaksin yang paling bagus, Honesti menyebut vaksin terbaik adalah vaksin yang paling cepat bisa didapatkan. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *