by

Pendapatan Indosat Ooredoo Hutchison Naik Capai Rp 51,2 Triliun

Depokrayanews.comIndosat Ooredoo Hutchison (IOH) berhasil mencatat kinerja cemerlang sepanjang Tahun 2023 dengan total pendapatan mencapai Rp 51,2 triliun. Angka ini naik 10 persen dibanding Tahun 2022.

Peningkatan pendapatan itu tidak terlepas dari
pertumbuhan yang pesat dalam beberapa aspek kunci, termasuk total pendapatan, EBITDA, margin EBITDA, trafik data, dan jumlah BTS 4G (Base Transceiver Station).

“Pertumbuhan ini didorong oleh peningkatan kualitas pelanggan konsumen dan korporasi serta kinerja positif dari semua lini bisnis perusahaan,” kata Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha dalam keterangan resminya kepada wartawan di Jakarta, Rabu 7 Februari 2024.

Vikram menyebut pendapatan selular tumbuh 8,7% YoY, sedangkan pendapatan Multimedia, Data Communication, and Internet (MIDI) naik 13,0% YoY. Pendapatan Telekomunikasi Tetap juga meningkat 28,4% YoY.

Optimalisasi biaya yang dilakukan, kata Vikram juga berdampak pada pertumbuhan positif pada EBITDA sebesar 23,0% YoY menjadi Rp23,9 triliun.

Indosat mencatat EBITDA margin yang dinormalisasi tumbuh solid sebesar 46,8%, meningkat 4,5 poin persentase YoY.

Kemudia. Indosat juga terus mendekatkan hubungannya dengan hampir seratus juta pelanggan di merek konsumen, IM3 dan Tri, yang menghasilkan peningkatan Mobile Average Revenue Per User (ARPU) sebesar 5,3%.

Peningkatan basis pelanggan yang berkualitas juga diperkokoh dengan peningkatan skor Customer Satisfaction (CSAT) IM3 dan Tri.

Untuk meningkatkan kualitas layanan dan memperluas konektivitas di wilayah perdesaan, Indosat meningkatkan jumlah BTS 4G sebesar 30,7% YoY menjadi 179.000 sites di seluruh Indonesia.

Proses integrasi jaringan juga berhasil diselesaikan dalam waktu satu tahun dengan menggunakan teknologi Multi-Operator Core Network (MOCN).

Indosat juga terus mengembangkan layanan internet fixed broadband dan melakukan akuisisi aset milik MNC Play untuk memperluas langkahnya di bisnis Home Broadband (HBB).

Pengguna aktif bulanan (Monthly Active Users/MAU) aplikasi milik Indosat juga meningkat pesat, mencerminkan potensi bisnis digital yang menjanjikan.

Vikram Sinha, kembali menegaskan komitmen perusahaan dalam mengakselerasi transformasi digital bangsa.

Indosat berperan strategis dalam menginisiasi pertumbuhan infrastruktur pusat data berbasis Artificial Intelligence (AI) di Indonesia, dengan tekad untuk memajukan Indonesia dalam pengembangan AI Cloud tingkat dunia.

“Dengan adopsi teknologi terbaru didukung kolaborasi bersama berbagai pihak yang didasari semangat gotong royong, kami akan melanjutkan perjalanan tanpa akhir kami dalam mewujudkan tujuan besar Indosat untuk menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia dengan mengakselerasi transformasi digital bangsa,” kata Vikram.

Kinerja gemilang IOH pada tahun 2023 menegaskan komitmen perusahaan dalam mendorong kemajuan ekosistem industri telekomunikasi di Indonesia serta menciptakan nilai bagi para pemangku kepentingan. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *