by

Prakiraan BMKG, Jabodetabek Masih Diguyur Hujan Hingga Sepekan ke Depan

Depokrayanews.com- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) bakal rutin diguyur hujan selama sepekan ke depan. .

Dalam keterangan resminya, BMKG mengungkap kondisi cuaca di sejumlah wilayah Indonesia sepekan ke depan akan diwarnai peningkatan curah hujan dengan intensitas bervariasi.

Khusus untuk wilayah Jabodetabek, dalam sepekan kedepan berpotensi akan terus diguyur hujan dengan intenstias ringan hingga sedang di beberapa wilayah.

Ada beberapa fenomena atmosfer yang terjadi secara signifikan, memicu rajinnya hujan turun di berbagai wilayah dalam seminggu ke depan.

Pertama, aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuatorial yang diprakirakan aktif di sebagian wilayah. Yakni, Jawa bagian tengah hingga timur, Bali, NTB, NTT, Maluku, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan.

Kedua, gelombang atmosfer Kelvin diprakirakan aktif di wilayah Sumatra.

Ketiga, sirkulasi siklonik yang terpantau di Samudra Pasifik utara Papua Barat dan Samudera Hindia Barat Bengkulu.

Fenomena ini membentuk daerah konvergensi memanjang di antaranya di Samudera Pasifik utara Papua, Perairan utara Kepulauan Bangka Belitung hingga Sumatra Selatan.

“Kombinasi pengaruh fenomena-fenomena tersebut diprakirakan menimbulkan potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang dengan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin,” ujar Guswanto, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, dalam keterangan resminya.

“Kondisi ini berlangsung sebagian wilayah Indonesia hingga 21 April 2024,” kata dia.

Guswanto mengungkap kemunculan fenomena Antecedent Precipitation atau terjadinya curah hujan yang turun sebelumnya yang memiliki kemungkinan dapat memperparah dampak cuaca ekstrem yang perlu diwaspadai.

BMKG menghimbau masyarakat agar tetap waspada, khususnya yang bertempat tinggal daerah bertopografi curam/bergunung/tebing atau rawan longsor dan banjir.(mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *