by

Selamat ! IPEMI Vaganza Gold & UMKM yang Digelar di Depok Berlangsung Sukses

DEPOKRAYANEWS.COM- Acara IPEMI Vaganza Gold & UMKM dalam rangka HUT ke- 78 Kemerdekaan RI yang digelar Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Pengurus Daerah (PD) Kota Depok di D’Mall selama 3 hari hingga Minggu 27 Agustus 2023 berlangsung sukses.

Ketua IPEMI PD Kota Depok, Rosmawary Ismail mengatakan kegiatan ini merupakan event tahunan, yang diselenggarakan bersama Pegadaian Syariah.

“Event ini berisi berbagai kegiatan, yakni seminar investasi emas, fashiom show dan performance fasya, Baking Demospongiae Del’s, pengajian dan santunan anak yatim, Market Place Padi, Beauty Demo Wardah Perfect Christalur,” kata Rosmawary Ismail.

Selain itu, digelar pula aneka lomba seperti lomba busana daerah muslimah anak-anak, parade marawis, kasidah, dan rebana ibu-ibu, lomba mewarnai anak-anak, serta lomba senam Muslimah ibu-ibu.

Peringatan HUT ke 78 Kemerdekaan RI, kata Rommawary, diharapkan bisa menjadi momentum untuk para UMKM terus maju, semangat, dan pantang menyerah walaupun kondisi perekonomian masih belum terlalu meningkat.

“Kita tidak boleh patah semangat. Insya Allah kita terus berusaha bersama, apalagi dalam sebuah wadah komunitas IPEMI kita bangkit bersama. Tidak ada alasan tidak bangkit untuk memperjuangkan peningkatan ekonomi,” kata Oca, sapaan Rosmawary Ismail.

IPEMI Kota Depok beranggotakan pengusaha muslimah dengan segala macam bidang, mulai bidang kuliner, fashion, craft,.maupun jasa bahkan konstruksi.

“Semua ada di sini. Bahkan anggota IPEMI Kota Depok sebenarnya tidak harus punya usaha. Semua saling bersinergi. Jadi yang belum punya usaha bisa jadi reseller. Pelan-pelan kita support untuk jadi pengusaha,” katanya.

Pada intinya, semangat terbentuknya IPEMI adalah meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian wanita, khususnya muslimah. Selain itu adalah terwujudnya kemandirian umat.

“Saat ini anggota IPEMI Kota Depok itu ada sekitar 200-an orangnya. Kalau dengan binaan total bisa sampai 500-an orang,” kata Oca.

Ketua Umum IPEMI, Ingrid Kansil menyebut event ini sebagai bentuk komitmen IPEMI PD Depok untuk membantu para anggota mempromosikan produk-produk unggulan.

“Sebelumnya digelar acara dalam rangka Sumpah Pemuda. Setiap event atau momen kita manfaatkan untuk menggelar produk-produk UMKM yang diproduksi oleh anggota dan pengurus IPEMI PD Depok,” kata Inggrit.

Apalagi, katanya lagi, kondisi ekonomi Indonesia, termasuk pelaku UMKM sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah dengan kondisi yang seperti sekarang, teman-teman mulai bangkit kembali dan saya lihat produk dan inovasinya perlu dipertahankan dan terus semakin dimaksimalkan lagi,” kata dia.

Inggrit berharap IPEMI sebagai organisasi yang baru beranjak ke-7 tahun secara struktur bukan hanya ada di tataran provinsi, kota atau kabupaten, tetapi juga sampai ke tingkat kecamatan.

“Masih banyak muslimah atau perempuan Depok yang memang perlu kita edukasi, buka mindsetnya supaya berani untuk melakukan kegiatan usaha. Dalam hal ini adalah home industri untuk menopang ekonomi keluarga sehigga dapat membantu pertumbuhan ekonomi di Depok,” kata Inggrit. (rel)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *