by

Tata Birokrasi, Pemkot Depok Luncurkan Aplikasi Teman BANG-ER

Depokrayanews.com- Pemerintah Kota Depok tengah sibuk meluncurkan aplikasi yang mendukung kelancaran program peningkatan kualitas layanan. Hampir semua dinas yang ada di Pemkot Depok kini memiliki aplikasi.

Bahkan Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dalam waktu dekat juga akan meluncurkan aplikasi baru. Namanya, Teman BANG-ER atau Talent Manajemen Untuk Pengembangan Karir.

Aplikasi itu nantinya akan mengimplementasi sistem merit, dimana kedepan kebijakan dan manajemen ASN di Kota Depok akan berdasarkan kompetensi dan kinerja secara adil dan wajar.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok, Rahman Pujiarto mengatakan, Teman BANG-ER akan diluncurkan pada 17 Oktober mendatang.

Untuk itu pihaknya mulai melakukan sosialisasi kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Hadirnya aplikasi ini tentu nantinya akan memberikan kemudahan kepada ASN untuk menilai kinerjanya. Aplikasi ini juga akan mendongkrak sistem merit di Kota Depok,” kata Rahman seperti dikutip Jumat 13 Oktober 2023

Aplikasi Teman BANG-ER nantinya akan menampilkan fitur terkait manajemen talenta. Seperti analisis kebutuhan talenta, identifikasi talenta, penetapan talenta, pengembangan talenta, evaluasi talenta dan penempatan talenta.

“Ada kolom-kolom pemetaan dan masing-masing ASN bisa melihat nya sudah sejauh mana kinerja yang dilakukan secara transparan melalui aplikasi Teman BANG-ER,” kata dia.

Dirinya menambahkan, aplikasi BANG-ER juga menjadi salah satu database yang bisa diberikan kepada pimpinan ketika akan membuka seleksi pengisian jabatan tinggi. Sehingga proses lelang yang selama ini dilakukan tidak perlu lagi karena sudah terhitung melalui Aplikasi BANG-ER.

Aplikasi BANG-ER merupakan inovasi dalam mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XX 2023 BPSDM Provinsi Jawa Barat. Dia berharap aplikasi berbasis website itu dapat meningkatkan sistem merit di Kota Depok.

“Ini juga akan mengefisienkan anggaran. Intinya Teman BANG-ER menata birokrasi dan menempatkan orang sesuai kompetensinya,” kata dia. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *