by

Wilayah Enggano Bengkulu Juga Diguncang Gempa

Gempa di wilayah Enggano, Bengkulu

Depokrayanews.com- Gempa bumi kembali melanda Indonesia pada Selasa 7 Juli 2020. Setelah Jepara, Rangkasbitung dan Pangandaran, kali ini gempa mengguncang wilayah Enggano, Bengkulu. Gempa terjadi pukul 13.16 WIB dari kedalaman 10 kilometer.

Gempa berpusat pada perairan Samudra Hindia dengan jarak 250 kilometer dari arah tenggara Enggano. Gempa bumi kali ini memiliki kekuatan magnitude sebesar 5,2 dengan pusat gempa terletak pada koordinat 7,47 LS – 103,02 BT.

BMKG mengimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi. Hal ini diinformasikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika melalui akun Twitternya @infoBMKG pada Selasa 7 Juli 2020.

Sebelumnya, BMKG meninformasikan bahwa gempa juga mengguncang wilayah Jepara, Jawa Tengah pada pukul 05.14 wib dengan kekuatan magnitude sebesar 6,1 dan tidak menyebabkan tsunami.

Gempa di Jepara memiliki hiposentrum yang cukup dalam yaitu sekitar 578 kilometer, sehingga guncangan akibat gempa Jepara ini terasa di sebagian wilayah besar.

Setelah gempa Jepara, pada pukul 11.44 WIB gempa kembali mengguncang di wilayah Rangkasbitung, Banten. Gempa berpusat pada Perairan Samudra Hindia dengan jarak 18 kilometer dari arah barat daya Rangkasbitung dengan kedalaman 82 kilometer.

Gempa bumi kali ini memiliki kekuatan magnitude sebesar 5,4 dengan pusat gempa terletak pada koordinat 6,69 LS – 106,14 BT.

Kemudian gempa bumi kembali melanda pulau Jawa di mana Kabupaten Pangandaran turut dilanda gempa pada pukul 12.17 WIB. Gempa berpusat pada perairan Samudra Hindia dengan jarak 234 kilometer dari arah barat daya Kabupaten Pangandaran, dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa di Kabupaten Pangandaran ini memiliki kekuatan magnitude sebesar 5,0 dengan pusat gempa terletak pada koordinat 9,42 LS – 107,27 BT. (ant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed