by

1.738 Calhaj Kota Depok Siap Berangkat ke Tanah Suci

Depokrayanews.com- sebanyak 1.738 orang calon jemaah haji Kota Depok siap berangkat ke tanah suci. Jemaah itu akan diberangkatkan dalam empat kelompok terbang (kloter),

Kepala Kantor Kemenag Kota Depok, Enjat Mujiat mengatakan, para calon haji iti akan didampingi oleh pendamping sebanyak delapan orang di tiap kloter.

“Pendamping itu terdiri dari ketua kloter, pembimbing ibadah, satu dokter, dua perawat ditambah ada dokter dan perawat dari TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah). Jadi ada delapan petugas,” kata Enjat Mujiat seperti dikutip Senin 22 April 2024

Enjat Mujiat menyebut seluruh calon haji Depok sudah siap berangkat ibadah haji karena kelengkapan sudah dipenuhi.

Biometrik sudah lengkap semua dan insyaAllah secara syariat ini berangkat semuanya, kecuali ada hal ikhwal yang tidak kita inginkan,” kata dia.

Apalagi sekarang itu dicek kesehatan dulu, baru boleh melunasi (biaya keberangkatan haji). “Jadi alhamdulillah dari jumlah itu, insyaAllah berangkat semua,” tambah dia.

Untuk diketahui, Pemerintah Arab Saudi menetapkan rekam biometrik sebagai prasyarat pembuatan visa jemaah haji.

Pemeriksaannya meliputi rekam retina mata, wajah dan 10 sidik jari. Itu bertujuan agar terdapat autentifikasi jemaah haji dan untuk mempermudah proses saat mereka keluar dari bandara Arab Saudi.

Tag line haji tahun ini masih sama yaitu, Haji Ramah Lansia. Untuk itu, para pemandu atau pendamping sudah diberikan pelatihan dan pemahaman untuk mengawal para lansia.

Dia berpesan kepada calon haji untuk menjaga kesehatan. “Calhaj harus menjaga kesehatan, jangan keluar kemana-mana yang jauh agar stamina prima,” pesannya.

Selain itu, yang juga penting ialah menyiapkan bekal yang cukup, yaitu iman dan takwa kepada Allah SWT.(ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *