100 Dokter Meninggal Akibat Covid-19

Sebarkan :

 

Dokter yang meninggal akibat Covid-19 terus bertambah.

Depokrayanews.com- Dokter yang meninggal dunia akibat terinfeksi Covid-19 di Indonesia telah mencapai 100 orang. Akibatknya Indonesia kekurangnya tenaga kesehatan yang menangani Covid-19. Padahal di masa pandemi, Indonesia sangat membutuhkan tambahan tenaga dokter.

Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman menjelaskan berdasar data Bank Dunia, prosentase dokter yang bertugas di Indonesia hanya 0,4 persen per 1.000 penduduk. Artinya hanya ada empat dokter yang melayani 1.000 masyarakat.

Jika jumlah dokter berkurang, maka akan ada masyarakat yang juga kehilangan kesempatan ditangani dokter di Indonesia.

“Data Bank Dunia menunjukan jumlah dokter di Indonesia terendah kedua di Asia Tenggara, yaitu sebesar 0,4 dokter per 1.000 penduduk,” kata Dicky, Senin 31 Agustus 2020.

Sementara itu, kehilangan 100 dokter sama halnya 250.000 penduduk kehilangan hak untuk ditangani dokter ketika sakit.

Menurut Dicky, meninggalnya para tenaga medis itu terjadi di wilayah dengan positif rate tinggi dan intervensi program testing dan tracing yang rendah. Kalau misalkan hal tersebut tidak langsung diperbaiki, maka tidak ada penghormatan bagi tenaga medis yang selama ini menjadi garda terdepan pada penanganan Covid-19.

“Pengabaian untuk memperbaiki sama dengan tidak menghargai pengorbanan para pahlawan,” kata dia.

Sumber:suara.com


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hotel Sifaana Depok Bersedia Jadi Lokasi Karantina Pasien Covid-19

Depokrayanews.com- Hotel Sifaana di Jalan Raya Margonda, Kota Depok, bersedia menjadi tempat lokasi karantina pasien ...