by

64,5 Persen UMKM Dikelola oleh Perempuan

DEPOKRAYANEWS.COM- Kementerian Komunikasi dan Informasi mencatat populasi di Indonesia saat ini 277,7 juta penduduk. Dari jumlah itu, sebanyak 204,7 juta merupakan pengguna internet.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Komunikasi dan Informasi Septriana Tangkary mengatakan program digitalisasi mampu meningkatkan society untuk mengembangkan pendidikan generasi penerus.

Jumlah UMKM saat ini sekitar 65,4 juta UMKM di Indonesia. Sekitar 64,5 persen atau 37 juta UMKM dikelola oleh perempuan.

“Adanya teknologi digital saat ini, sangat mendukung perempuan semakin berdaya dalam berpartisipasi di segala bidang,” kata Septriana Tangkary, JUmat 22 April 2022.

Menurut dia, kemajuan teknologi komunikasi seperti saat ini, perempuan bisa melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari mengerjakan tugas kantor, berjualan secara daring, menggerakkan masyarakat atau komunitas melalui media sosial, hingga mencari informasi soal gizi atau pendidikan anak.

Sementara itu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati menambahkan kesetaraan gender bagi perempuan dengan laki-laki merupakan salah satu hak asasi manusia (HAM). Maka itu, sudah sepatunya jika perempuan harus diakui dengan adanya kesetaraan gender dalam setiap sektor pembangunan bangsa.

“Kita tidak boleh memberikan label gender pada pekerjaan apapun. Jadi tugas kita semua untuk memastikan semua sektor dan seluruh bidang pekerjaan menjadi ramah perempuan. Sudah saatnya pembangunan di segala sektor kedepankan prinsip kesetaraan dan upaya-upaya pemberdayaan perempuan. Marilah kita gaungkan tanpa lelah kesetaraan gender demi kemajuan bangsa,” kata dia.

Ketua TP PKK Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil mengajak para perempuan di Indonesia dapat bangkit bersama-sama, untuk mengambil bagian dalam pembangunan bangsa. Dengan merdekanya akses kesempatan serta kesetaraan saat ini, dirinya meminta agar perempuan Indonesia tidak berhenti belajar dalam kondisi apapun.

“Jangan lelah untuk mengupgrade diri, karena pengetahuan, wawasan dan juga ketrampilan bisa didapat dimana saja. Selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan di Indonesia. Mari berkarya secara maksimal, untuk berkontribusi dalam peradaban bangsa,” kata dia. (mad/rol)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed