by

Aset Bank Pelat Merah Tumbuh Jadi Rp 3.904 Triliun

Depokrayanews.com- Di tengah pandemi Covid-19, aset empat bank BUMN masih bisa tumbuh sebesar 7,7 persen.

Himpunan Bank-bank Negara (Himbara) mencatat aset 4 bank itu kini mencapai Rp 3.904 triliun per Juni 2021.

“Ada hikmahnya juga sejak 1998 sering krisis, maka risk management kita baik dari regulasi dan disiplinnya lebih sigap,” kata Ketua Himpunan Bank-bank Negara (Himbara) yang juga Dirut Bank BRI, Sunarno dalam keterangam pers secara virtual, Kamis 2 September 2021 malam.

Hasilnya, kata dia, dalam krisis yang sangat berat ini, policy response relatif tepat, sehingga meski dalam situasi yang sangat tidak proper ini, aset Himbara masih tumbuh 7,7 persen.

Sunarso menilai pertumbuhan aset bank BUMN itu juga didukung oleh kebijakan stimulus dari pemerintah. Salah satunya memberikan penempatan dana yang bisa menambah aliran dana dari bank untuk disalurkan menjadi kredit kepada masyarakat.

Hal ini membuat penyaluran kredit para bank pelat merah mencapai Rp 2.552 triliun atau tumbuh 5,4 persen.

Penyaluran kredit diklaim tetap sehat, di mana rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) berada di kisaran 3 persen.

“Dalam situasi seperti sekarang ini, menurut saya ini sangat manageable,” jelasnya.

Dikatakan, derasnya penyaluran kredit membuat bank berhasil menumbuhkan laba mencapai 18,4 persen. Secara nominal, laba mencapai Rp29,9 triliun dari keempat bank negara itu.

Sementara, pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) mencapai 8,7 persen dengan nilai mencapai Rp 2.948 triliun. Sunarso mengklaim pencadangan juga dikelola dengan baik, meskipun tidak disebut nominalnya. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *