by

BMKG Peringatkan Kota Depok Terancam Kekeringan

DEPOKRAYANEWS.COM- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG meminta masyarakat Kota Depok waspada bencana kekeringan yang mungkin saja terjadi dalam waktu dekat.

Kepala Seksi Informasi BMKG Dramaga Bogor Hadi Saputra memperkirakan puncak musim kemarau terjadi pada Agustus 2023. “Waspada pada periode musim kemarau yang mulai masuk,” kata Hadi, Sabtu 17 Juni 2023.

Menurut Hadi, status Depok diperkirakan masih aman hingga 20 Juni 2023 dari ancaman kekeringan. Tetapi setelah itu, semua pihak perlu meningkatkan kewaspadaan ancaman kekeringan terutama pada puncak musim kemarau.

Hadi menerangkan mulai Mei hingga kini suhu air laut di Samudera Pasifik mengalami perubahan yang mengarah pada El Nino atau fenomena menghangatnya muka air laut di Samudera Pasifik yang memicu penurunan curah hujan.

Semakin hangat di Samudera Pasifik, anomali temperatur di Samudera Pasifik ini semakin meningkat sudah mencapai 0,8 (ยบ Celsius). Artinya El Nino masih lemah sekitar Juni, kemudian menguat hingga puncak musim kemarau.

“Selain itu, ada fenomena pemanasan suhu muka laut di Samudera Hindia, yakni Indian Ocean Dipole (IOD), yang diprediksi membuat musim kemarau makin kering,” kata Hadi. (mad/ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *