by

BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Malam Tahun Baru Terjadi di Beberapa Wilayah

DEPOKRAYANEWS.COM- Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) menyampaikan prediksi terbarunya tentang cuaca ekstrem pada malam pergantian tahun malam ini.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa saat ini beberapa wilayah di Indonesia kembali berwarna pink atau dalam keadaan siaga cuaca ekstrem. Padahal sebelumnya BMKG sempat merilis bahwa kondisi cuaca ekstrim sempat melandai.

”Bibit siklon yang sebelumnya membuat cuaca lebih baik di Indonesia belakangan ini justru sudah tidak ada lagi. Dengan begitu, cuaca kembali diprediksi menjadi ekstrem,” kata Dwikorita kepada wartawan, Sabtu 31 Desember 2022.

“Yang kemarin bersih, sekarang menguat lagi karena yang menghambat (bibit siklon) hilang di utara dan ada eks siklon bibit elie di selatan,” kata dia menambahkan.

Dengan begitu, hari ini yang semula diprediksi cuaca akan membaik, ternyata masih dalam kondisi pink atau intensitas hujan kategori ekstrem dengan curah air hujan yang mencapai 150 mm/jam atau lebih.

“Jadi ini perubahan sangat signifikan yang perlu disampaikan masyarakat bahwa situasinya tidak sebaik prediksi kemarin,” jelasnya.

Dengan begitu, Dwikorita menyampaikan bahwa potensi hujan lebat hingga sangat lebat, diprediksi akan terkonsentrasi di wilayah utara Banten, DKI Jakarta utara Jawa Barat hingga utara Jawa Tengah. Bahkan Jawa Timur tadinya relatif aman akan terkena. ”Namun insya Allah ada tren menurun pada 1 Januari 2023,” kata dia. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *