by

Mengenal Gelombang Atmosfer Rossby yang Disebut Pemicu Cuaca Ekstrem

DEPOKRAYANEWS.COM- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga agar mewaspadai cuaca ekstrem akibat aktifnya gelombang atmosfer Rossby di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) selama beberapa hari ke depan.

Dikutip dari laman Ocean Service, Kamis 11 Mei 2023, Gelombang Rossby, juga dikenal sebagai gelombang planet, secara alami terjadi sebagian besar karena rotasi bumi. Gelombang ini mempengaruhi cuaca dan iklim planet. Gelombang Rossby terdiri dari dua bagian yaitu Gelombang Rossby Oseanik dan Gelombang Rossby Atmosfer. Apa itu?

Gelombang Rossby OseanikGelombang Rossby Atmosfer:

Menurut National Weather Service, Gelombang Rossby di atmosfer terbentuk terutama sebagai akibat dari geografi bumi. Gelombang Rossby membantu memindahkan panas dari daerah tropis ke kutub dan udara dingin ke daerah tropis dalam upaya mengembalikan keseimbangan atmosfer.

Mereka juga membantu menemukan aliran jet dan menandai jalur sistem tekanan rendah permukaan. Gerakan lambat gelombang ini sering menghasilkan pola cuaca yang cukup lama dan terus-menerus. (ril/rol)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *