by

BMKG Sebut 3 Titik di Tol Cipali Rawan Banjir Saat Tahun Baru 2023

.
DEPOKRAYANEWS.COM- Tiga titik di tol Cipali berpotensi banjir saat Tahun Baru 2023 (Nataru) yakni kilometer (KM) 136, 151, dan Jembatan Cipunagara di Subang, Jawa Barat. 

“BMKG telah mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat bahkan dapat mencapai ekstrem mulai tanggal 23 (Desember) hingga 1 Januari 2023 untuk beberapa wilayah, khususnya wilayah Jawa Barat saat ini potensinya masih hujan sedang, ringan hingga sedang, mencapai 50 mm per hari,” kata Kepala BMKG, Dwikorita.

Dikutip dari akun Twitternya, BMKG menyebut sejumlah wilayah di Pulau Jawa masuk dalam kategori siaga antara lain DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Banten.

Wilayah lain yang masuk kategori ini yaitu Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Prakiraan itu valid dari Selasa 27 Desember 2022 pukul 07.00 WIB hingga Rabu 28 Desember 2022 pukul 07.00 WIB.

Sebelumnya pada konferensi pers, Selasa pekan lalu, Dwikorita mengungkap daftar wilayah yang berpotensi dilanda hujan sedang hingga sangat lebat pada periode 25 Desember hingga 1 Januari 2023.

Menurutnya, peningkatan curah hujan selama periode Natal dan Tahun Baru 2023 diakibatkan sejumlah dinamika atmosfer. Dinamika itu antara lain, peningkatan aktifitas Monsun Asia yang dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan secara signifikan di wilayah Indonesia bagian barat, tengah dan selatan. (mad/ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *