by

Deklarasi Anies-Cak Imin di Surabaya Presiden PKS Tidak Hadir, Ada Apa?

DEPOKRAYANEWS.COMPartai NasDem dan PKB secara resmi mendeklarasikan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai Calon Presiden dan Wakil Presiden di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu 2 September 2023.

Acara itu dihadiri Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan sejumlah pengurus partai. Dari PKB juga hadir Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar dan sejumlah petinggi partai. Presiden PKS Ahmad Syaikhu tidak hadir pada acara itu. Padahal, PKS masih mendukung pencapresan Anies.

Bahkan dalam pidatonya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh sama sekali tidak menyinggung PKS. Paloh hanya menyapa para tokoh, habib dan para ulama yang hadir pada acara tersebut. Kemudian orang tua dari Anies dan Muhaimin. Ia juga menyapa para fungsionaris dan keluarga besar NasDem dan PKB yang hadir.

“Para tokoh, para habib, para alim ulama. Para senior kita. Ibu Anies Baswedan, ibu Muhaimin Iskandar. Fungsionaris dan keluarga besar PKB. Lalu kawan-kawan dari fungsionaris Partai NasDem,” kata Surya Paloh.

“Di depan kita, kita sayangi dan banggakan dan harapkan capres kita Anies Baswedan, di sebelah beliau kita punya harapan sama sebagai sepasang mempelai. Muhaimin Iskandar,” kata dia.

Paloh menilai berhasil atau tidaknya pasangan Anies- Cak Imin di Pilpres merupakan kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa. Ia mengatakan hanya bisa memperjuangkan upaya untuk memenangkan pilpres tersebut.

“Hari ini sebuah komitmen yang tak hanya diperuntukkan membawa nilai kebajikan kepada kita, termasuk PKB dan NasDem. Tapi jauh dari itu. Kemajuan kehidupan kita berbangsa dan bernegara,” kata dia.

Sebelumnya NasDem, PKS dan Demokrat telah mendukung Anies dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Namun, belakangan Demokrat keluar dari koalisi lantaran Anies mengusung Cak Imin. Partai Demokrat merasa dikhianati Anies dan Partai NasDem.

Sebagai bentuk kekecewaan, Partai Demokrat kemudian membeberkan ‘surat cinta’ yang ditulis tangan oleh Anies Baswedan
kepada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Dalam surat itu disebutkan secara jelas bahwa Anies Baswedan melamar AHY sebagai pendampingnya pada Pilres 2024 mendatang. (mad/and)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *