by

Denny Sebut Anies Baswedan Bakal Jadi Tersangka Kasus Korupsi

DEPOKRAYANEWS.COM- Mantan Wamenkumham Denny Indrayana menyatakan bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan segera menjadi tersangka korupsi di KPK.

Hal itu diungkap Denny dalam keterangan resminya yang disebarluaskan pada Rabu 21 Juni 2023. Menurut Denny, proses hukum itu menjadi salah satu cara atau cawe-cawe Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjegal pencapresan Anies.

“Setelah KPK 19 kali ekspose, ini pemecah rekor, seorang anggota DPR menyampaikan, Anies segera ditersangkakan. Semua komisioner sudah sepakat,” ujar Denny.

“Makin terbaca kenapa masa jabatan para pimpinan KPK diperpanjang MK satu tahun: untuk menyelesaikan tugas memukul lawan-oposisi dan merangkul kawan-koalisi, sesuai pesanan kuasa status quo,” tambah Denny.

Denny yang sempat menjadi pengacara tersangka kasus korupsi Mardani Maming ini menyatakan setidaknya ada 10 upaya dari Jokowi untuk menggagalkan pencapresan Anies.

Selain lewat kasus di KPK, satu lainnya juga melalui langkah politik Kepala Staf Presiden Moeldoko yang hendak mengambil alih Partai Demokrat. Proses itu tengah bergulir di Mahkamah Agung (MA) pada proses peninjauan kembali.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri menilai penyataan Denny tersebut sebagai asumsi. Untuk itu, KPK, terang dia, tidak ingin menanggapi secara serius.

“Kami tak akan tanggapi pernyataan yang berbasis asumsi dan persepsi, sekali pun kami hargai itu sebagai suatu hak kebebasan berpendapat,” kata Ali seperti dikutip dari CNNIndonesia, Rabu 21 Juni 2023.

Ali menegaskan KPK bekerja berdasarkan bukti bukan pesanan politik. Ia menegaskan laporan dugaan tindak pidana dalam penyelenggaraan Formula E di DKI Jakarta saat ini masih proses penyelidikan. “Sejauh ini masih pada tahap penyelidikan,” kata Ali.

Sebelumnya, Denny Indrayana sempat mengeluarkan pernyataan soal sistem pemilihan legislatig (Pileg) yang menurut dia akan diberlakukan dengan sistem tertutup. Dia mengaku mendapat bocoran dari ”orang” dalam yang akan mengambil keputusan di persidangan. Tapi teryata apa yang disampaikan Denny itu tidak benar.

Kini Denny mengungkap hal lain soal Anies Baswedan yang disebutnya bakal menjadi tersangka. Benarkah apa yang dikatakan Denny ? (mad/ris)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *