by

Depok 4 Kali Raih Anugerah Parahita Ekapraya

Untuk keempat kalinya Kota Depok meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari pemerintah pusat.
Untuk keempat kalinya Kota Depok meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari pemerintah pusat.

Depokrayanews.com- Kota Depok kembali meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) untuk keempat kalinya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Penghargaan keempat diserahkan Rabu (21/12/2016) oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam sebuah acara di Gedung Manggala Wanabakti Jalan Gatot Subroto Jakarta.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dalam sambutan mengatakan Anugerah Parahita Ekapraya adalah penghargaan dari Pemerintah Pusat atas pelaksanaan pemberdayaan perempuan, perlindungan anank dan pengarusutamaan gender yang penilaian dan evaluasinya dilakukan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Tujuannya adalah memberi kesempatan seluas-luasnya kepada kaum perempuan Indonesia sesuai dengan kemampuan dan eksistensinya untuk berkarya dan berpartisipasi dalam pembangunan.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise mengatakan APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada lembaga pemerintah baik di pusat maupun di daerah atas keberhasilannya menerapkan strategi dalam program pengarusutamaan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Karena saat ini, perempuan memegang peranan penting, khususnya dalam dua hal yakni peningkatan kebersihan lingkungan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (BPMK) Pemkot Depok. Eka Bachtiar mengatakan, pada tahun 2016 ini Kota Depok meraih predikat APE tingkat Madya. Prestasi ini tidak terlepas keseriusan Kota Depok dalam menangani permasalahan perempuan dan anak.

Sebagai instansi yang menangani permasalahan perempuan dan anak, BPMK telah menjalankan pengawasan secara maksimal.

Beberapa kegiatan yang berkaitan dengan gender yaitu pemberian pendidikan dan latihan bagi para pejabat struktural dalam penyusunan anggaran responsive gender.

Para peserta diberi materi tentang penyusunan anggaran yang responsive gender sehingga tidak ada kesenjangan antara laki-laki dan perempuan.

Kota Depok dalam meningkatkan kesetaraan gender antara perempuan dan laki-laki telah bekerjasama dengan organisasi-organisasi perempuan di antaranya dengan Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW), PKK serta organisasi wanita lainnya. Peran serta Tim Penggerak PKK dalam melaksanakan program PKK yaitu merencanakan, melaksanakan, membina program-program kerja PKK sesuai dengan keadaan dan kebutuhan masyarakat.

Dalam rangka menunjang keterpaduan dan keberlangsungan program pembangunan berbasis gender, anggaran untuk pelaksanaan program pemberdayaan perempuan dan pengarusutamaan gender setiap tahunnya meningkat, selaras dengan ditetapkannya kebijakan setiap OPD minimal satu kegiatan responsif gender.

Pemberian Anugerah Parahita Ekapraya ini selanjutnya akan diselenggarakan pada Tahun 2018. ” Diharapkan Kota Depok akan meperoleh preringkat yang lebih baik lagi,” kata Eka. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *