by

Hasil Survei Terbaru Soal Kinerja Presiden Jokowi, Hasilnya Mengagetkan

Depokrayanews.com- Survei nasional yang dilakukan Parameter Politik Indonesia (PPI) terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama satu setengah tahun periode keduanya. Hasilnya, cukup mengagetkan. Tingkat kepuasan warga di pededaan lebih tinggi daripada kota.

Dalam survei terbaru itu, PPI menemukan 70 persen warga desa puas atas kinerja Jokowi. Yang tidak puas sebanyak 23,6 persen, dan yang tak menjawab 6,4 persen. Sedangkan warga kota yang puas adalah 60,8 persen, yang tidak puas 34,5 persen dan tak menjawab 4,7 persen.

”Secara keseluruhan, PPI mendapati sebanyak 65,4 persen masyarakat puas dengan kinerja Jokowi dan 29,1 persen tidak puas, serta 5,5 persen tidak menjawab,” kata Direktur Eksekutif PPI Adi Prayitno dalam mengantar rilis survei lembaganya, Minggu 21 Fenruari 2021.

Bila membandingkan demografi, tingkat kepuasan lebih banyak di Jawa (66,5 persen) dibandingkan luar Jawa (64,0 persen).

Untuk responden di Jawa sebanyak 28,5 persen tidak puas dan 5,0 persen tidak menjawab. Sementara untuk responden luar Jawa ada 29,9 persen tidak puas dan 6,0 persen tidak menjawab.

Merujuk demografi luar Jawa, tingkat kepuasan tertinggi terhadap Jokowi ada di wilayah Bali-Nusa Tenggara (Balinusra) yakni 87,2 persen. Di wilayah itu sebanyak 7,4 persen tidak puas an 5,4 persen tidak menjawab.

Sementara yang terendah ada di Sumatra yaitu 55,1 persen yang puas pada kinerja Jokowi. Di wilayah itu sebanyak 37,5 persen tidak puas dan 7,4 persen tidak menjawab.

Untuk di daerah Jawa, PPI membagi dua wilayah besar yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat (Banjabar) dan Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur (Jatejaya).

Hasilnya, Banjabar yang puas ada 51,7 persen, tidak puas 42,4 persen, dan 5,9 persen tidak menjawab.

Sementara itu di Jatejaya yang puas ada 78 persen, tidak puas 17,4 persen, dan tidak menjawab ada 4,6 persen.
Lihat juga: Jakarta Banjir, Risma Pamer Klaim Kesuksesan di Surabaya

Dalam melakukan survei ini, Parameter Politik Indonesia menyasar populasi warga yang telah memiliki hak pilih. Sampel survei ini adalah 1.200 responden, diambil dengan metode simple random sampling dari 6.000 data target yang pernah diwawancara tatap muka pada September 2017-Desember 2020.

Margin of error survei sebesar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei terbaru PPI ini dilakukan pada 3-8 Februari 2021 dengan menggunakan kuosiner via telepon (telepolling).

Secara umum, survei Paremeter Politik memotret tiga isu penting.

Pertama, melihat bagaimana tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi-Ma’ruf Amin yang sudah hampir genap 1,5 tahun.

Kedua, melihat bagaimana persepsi publik terhadap wabah Covid-19 yang hampir satu tahun menghantam bangsa ini. Termasuk juga soal kondisi ekonomi, kebiasaan selama Pandemi, bantuan sosial, dan program vaksin yang sudah dilakukan pemerintah.

Ketiga, tentang elektabilitas capres dan partai politik. Politik memang selalu menarik sekaligus rumit. Karena hampir semua daya sudah dilakukan secara maksimal untuk menyongsong pemilu 2024 mendatang. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *