Ini 5 Wanita Terkaya di Indonesia Versi GlobeAsia

Sebarkan :

 
Elizabeth Sindoro

Elizabeth Sindoro

Depokrayanews.com- Pameo bahwa wanita adalah warga nomor dua sudah tidak berlaku lagi di era modern seperti sekarang ii. Kenapa ? Karena posisi dan derajat pria dan wanita sudah sama. Wanita sudah mendapat kesempatan yang sama dengan pria. Ada polisi wanita, ada lurah wanita , ada camat wanita sampai gubernur wanita.

Begitu jugadi sektor swasta. Banyak wanita yang menempati posisi manajer sampai ke CEO sebuah perusahaan. Peluang dan kesempatan itulah kemudian yang melahirkan wanita-wanita tangguh dan pengusaha tangguh yang memiliki kekayaan yang luar biasa, menyamai kekayaan yang dimiliki pria. Bahkan wanita sekarang bisa lebih unggul dalam bidang bisnis.

Baru-baru ini majalah GlobeAsia merilis daftar wanita terkaya di Indonesia. Para ibu ini menjadi tajir bukan karena ketiban warisan orang tua atau suami mereka, melainkan berkat bisnis.

Berikut ini daftar 5 wanita terkaya di Indonesia versi GlobeAsia:

1. Kartini Muljadi

Lewat bendera Tempo Scan, Kartini Muljadi masuk daftar wanita terkaya di Indonesia bersama Handojo Muljadi. Sebenarnya Kartini adalah sarjana hukum yang berprofesi sebagai hakim.

Ia banyak menangani kasus perdata, misalnya yang berhubungan dengan jual-beli lahan. Setelah suaminya meninggal, dia lalu menjadi notaris. Dan, akhirnya, dia memutuskan menjalankan usaha sendiri.

Usaha itu ia operasikan bersama anak-anaknya. Kekayaannya diperkirakan sekitar US$ 1,4 miliar.

2. Sri Hartati Murdaya

Siti Hartati Murdaya

Siti Hartati Murdaya

Memang, wanita pengusaha yang satu ini terbelit masalah hukum. Namun itu gak membuatnya terlempar dari daftar wanita terkaya di Indonesia.

Hartati bersama suaminya, Murdaya Poo, mendirikan sejumlah perusahaan yang sukses. Salah satunya, pabrik sepatu dengan manajemen dari pabrik sepatu Nike di Korea Selatan yang gulung tikar.

Dia merekrut pekerja Nike yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) di sana untuk dijadikan karyawan di perusahaannya. Kekayaan keduanya ditaksir mencapai US$ 1,4 miliar.

3. Desi Sulistio Hidayat

Desi Sulistio Hidayat adalah orang di balik kejayaan pabrik jamu Sido Muncul. Di zaman modern seperti ini, menarik untuk mencermati bagaimana jamu tradisional masih punya prospek bisnis cerah di tangan Desi dan keluarganya.

Dia mengaku kunci kesuksesannya adalah belajar langsung dari sang ayah dalam mengelola bisnis. Kini, usaha yang ia kembangkan bersama Yahya Hidayat, suaminya, itu diturunkan ke anak dan cucu-cucunya.

Bahkan dia sengaja membuka bisnis baru di bidang kuliner khusus untuk cucunya. Kekayaan keluarga Desi sekitar US$ 640 juta.

4. Elizabeth Sindoro

Elizabeth Sindoro

Elizabeth Sindoro

Bisnis Elizabeth Sindoro yang membuatnya masuk daftar wanita terkaya di Indonesia adalah Dan Liris. Perusahaan tekstil, khususnya batik, ini punya pangsa pasar hingga mancanegara.

Perusahaan lainnya adalah Paramount Group, yang bergerak di bidang properti. Bisnis itu ia jalankan bersama keluarganya. Kekayaan Elizabeth Sindoro tercatat sebesar US$ 255 juta.

5. Siti Hardianti Rukmana

Siti Hardianti Rukmana alias Mbak Tutut.

Siti Hardianti Rukmana alias Mbak Tutut.

Putri mantan presiden Soeharto ini juga tercatat sebagai wanita terkaya di Indonesia. Perkembangan perusahaannya memang tak bisa dilepaskan dari campur tangan sang ayah.

Namun tanpa tangan dingin dari wanita yang akrab disapa Mbak Tutut ini, perusahaan itu pasti layu sebelum berkembang. Bisnis yang melambungkan namanya adalah Citra Lamtoro Gung Persada.

Dia sempat terlibat sengketa bisnis, namun kekayaannya tak tergoyahkan. Total kekayaan Mbak Tutut diperkirakan US$ 190.

Itulah 5 wanita terkaya di Indonesia menurut versi GlobeAsia. Dalam daftar keseluruhan orang terkaya di Indonesia, memang posisi 10 besar masih dihuni pria.

Namun keberadaan para business woman ini gak bisa dipandang sebelah mata. Adanya mereka di dalam daftar membuktikan bahwa wanita pun bisa memegang kendali perusahaan, dan sukses.

Itulah yang bisa dijadikan inspirasi. Kesuksesan bisnis gak melihat gender pengelolanya. Mau pria atau wanita, kalau pengelolaannya bagus bisnis pastinya bisa berkembang.


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mulai Tahun Depan Surat Tanda Terima Setoran PBB Tidak Diterbitkan Lagi

Depokrayanews.com- Mulai tahun depan Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok tidak akan menerbitkan lagi Surat ...