by

JK Sebut Pemerintah Bayar Utang Rp1.000 Triliun per Tahun, Ini Respon Menkeu Sri Mulyani

DEPOKRAYANEWS.COM– Menteri Keuangan Sri Mulyani merespons kritikan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) yang menyebutkan Pemerintah Indonesia membayar utang sekitar Rp1.000 triliun per tahun. Nilai itu disebutnya tertinggi sepanjang sejarah Indonesia merdeka.

Menurut Sri Mulyani, pembayaran utang pemerintah sampai saat masih terjaga dengan baik dan dilakukan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Hanya saja, Ani, sapaan Sri Mulyani, tidak membenarkan ataupun menampik apakah pembayaran utang tiap tahunnya mencapai hingga Rp1.000 triliun.

“Kalau lihat dari data dan pengelolaan utang tiap tahun kita, utang itu kan ada beberapa jangka waktunya. Pasti untuk yang tempo maupun pembayaran utangnya itu sudah ada di dalam APBN dan itu masuk dalam strategi pembiayaan tiap tahun. Itu yang kita lakukan,” kata Ani kepada wartawan di Gedung DPR RI, Selasa 23 Mei 2023.

Menurut Ani, dalam pengelolaan keuangan negara, termasuk utang, yang penting adalah dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Di mana, sebelum jatuh tempo, utang bisa dibayar.

Untuk utang Indonesia, kata dia, tidak hanya pembayaran yang lancar namun, jumlahnya masih jauh di bawah ambang batas utang yang ditetapkan UU Keuangan Negara, yakni 60 persen dari produk domestik bruto (PDB).

Berdasarkan data Kementerian Keuangan per akhir Maret 2023, posisi utang pemerintah tercatat sebesar Rp7.879,07 triliun. Rasio utang ini tercatat sebesar 39,17 terhadap PDB. Sedangkan, pembayaran bunga utang sepanjang 2022 (Januari-Desember) tercatat sebesar Rp386,34 triliun.

Sebelumnya, dalam acara Milad PKS ke-21, JK menyebutkan pembayaran utang di era Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat besar, bahkan tertinggi sepanjang sejarah.

“Pak AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) tadi mengatakan utang besar, betul. Setahun bayar utang lebih Rp1.000 triliun, terbesar dalam sejarah Indonesia sejak merdeka,” kata JK. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *