by

Menteri Agraria AHY: Jangan Ragu Gebuk Mafia Tanah

Depokrayanews.com- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), meminta kepala BPN untuk bersikap tegas tidak ragu-ragu menindak mafia tanah.

“Jangan ragu, gebuk saja mafia tanah,” kata AHY ketika berkunjung ke Kota Depok, Kamis 6 Juni 2024.

AHY datang ke Depok dalam rangka menghadiri
acara Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gemapatas) di Jalan Cibinong Tapos, Gang Bakti Suci, Kelurahan Cimpaeun, Kecamatan Tapos, Depok.

Tampak juga hadir Kapolres Metro Kota Depok Kombes Pol. Arya Perdana, Komandan Kodim 0508 Depok Kol. Inf. Iman Widhiarto, Kakanwil BPN Provinsi Jawa Barat Yuniar Hikmat Ginanjar, dan Kepala BPN Kota Depok Indra Gunawan.

Dalam kesempatan itu, AHY menekankan pentingnya langkah cepat dan konkret dalam menangani mafia tanah yang meresahkan masyarakat.

“Di setiap daerah, saya sampaikan demikian. Ambil langkah cepat dan konkret saja, ini upaya kita memerangi praktik mafia tanah yang meresahkan masyarakat,” kata dia.

AHY juga memastikan bahwa pemerintah pusat, khususnya Kementerian ATR/BPN, akan memberikan dukungan penuh kepada Kantor Pertanahan, termasuk di Kota Depok dalam penegakan keadilan dan hukum di sektor pertanahan.

AHY juga mengajak masyarakat untuk aktif mengawasi dan melaporkan segala bentuk kecurangan yang terjadi.

Regulasi yang menjadi acuan dalam melawan mafia tanah, antara lain, adalah Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 18 Tahun 2021 tentang Tata Cara Penetapan Hak Pengelolaan dan Hak Atas Tanah.(ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *