by

Petugas Damkar Depok Temukan iPhone Warga yang Tercebur di Sumur Sedalam 20 Meter

Depokrayanews.com- Ada-ada saja tugas Anggota Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depok. Tidak hanya menyelamatkan bangunan yang terbakar, atau binatang liar masuk ke rumah. Ternyata iPhone 14 warga yang tercebur ke dalam sumur sedalam 20 meter, juga berhasil mereka diselamatkan.

Peristiwa itu terjadi pada Senin 8 Januari 2024. Ketika itu sekitar jam 14.30 WIB, ada telepon dari UPT Tapos yang meminta bantuan terkait barang kecebur sumur di daerahnya.

Karena merasa memiliki peralatan menyelam yang lengkap, pihak Damkar langsung merespon informasi itu dan langsung berangkat ke lokasi. Alhamdulillah, dengan perjuangan yang gigih petugas berhasil menemukan iPhone di dasar sumur sedalam 15-20 meter.

Komandan Regu Damkar Merdeka Merdi Setiawan kemudian menceritakan kronologi kejadian unik itu. Awalnya pelapor hendak ke kamar mandi dan meletakkan ponselnya di pinggir sumur. Saat notifikasi dan panggilan telepon masuk, ponsel terus bergetar dan bergeser sehingga akhirnya tercebur ke dalam sumur.

“Dia itu lagi ke kamar mandi sambil bawa HP, tapi HP-nya disimpan di tembok sisi sumur. Karena kondisi HP mode getar, jadi pas ada telepon masuk, HP nya bergetar dan bergeser sampai jatuh ke sumur,” kata Merdi kepada wartawan, Rabu 10 Januari 2024.

Merdi melukiskan, kedalaman sumur berkisar 15-20 meter, sedangkan ketinggian air di dalamnya mencapai 10 meter. Kondisi air juga cukup keruh, sehingga mengaburkan pandangan petugas damkar saat menyelam. “Batas penglihatan anggota saya tuh hanya sekitar 1-2 jengkal,” kata Merdi.

Petugas yang menyelam menggunakan beberapa peralatan menyelam canggih termodifikasi dari Ocean Reef Diving, yakni full mask underwater communication, tabung scuba diving, tripod, pulley system, dan alat pelindung diri (ris)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *