Presiden Jokowi Bentuk Satgas Berantas Pungli, Ini Tugasnya

Sebarkan :

 
Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi.

Depokrayanews.com- Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla tampaknya sangat serius memberantas pungutan liar (pungli) yang sudah menggurita sejak lama.

Bentuk keseriusan itu tampak dari dikeluarkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli)

Dengan Perpres itu, pemerintah telah memberikan legalitas kepada Satgas Saber Pungli untuk memberantas praktek pungli di Indonesia.

Satgas Saber Pungli merupakan salah satu bagian kebijakan pemerintah melaksanakan reformasi di bidang hukum yang akan memantau sektor pelayanan publik di Indonesia.

Satgas tersebut bertugas memberantas praktek pungli di kementerian/lembaga atau pemerintah daerah secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personel, satuan kerja dan sarana prasarana.

Satgas Saber Pungli memiliki 4 fungsi, yakni intelejen, pencegahan dan sosialisasi, penindakan serta yustisi.

Berdasarkan Pasal 4 huruf d, Perpres tersebut memberikan kewenangan kepada Satgas untuk melaksanakan Operasi Tangkap Tangan (OTT)

Susunan Satgas Saber Pungli sebagai berikut :

– Pengendali/Penanggungjawab  : Menko Polhukam Wiranto.

– Ketua Pelaksana : Irwasum Polri Komjen Pol Dwi Priyatno.

– Wakil Ketua Pelaksana I : Irjen Kemdagri Sri Wahyuningsih (Pelaksana Tugas).

– Wakil Ketua Pelaksana II : JAM Bidang Pengawasan Widyo Pramono.

–  Anggota Satgas terdiri dari : Polri, Kejaksaan Agung, Kemendagri, Kemenkumham, PPATK, Ombudsman, BIN dan POM TNI.

Dengan adanya Perpres tersebut, maka masyarakat dapat secara langsung melaporkan praktek-praktek pungli yang dilakukan oleh aparat di instansi Pemerintah, TNI dan Polri dari Aceh sampai ke Papua

Laporan kepada Satgas Saber Pungli itu dapat melalui  :

* WEBSITE          : http://saberpungli.id
* SMS                   : 1193
* CALL CENTER : 193

Laporan masyarakat disertai dengan identitas pelaku, lokasi kejadian dan instansinya. Identitas pelapor akan dirahasiakan. (rel)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Korban pembunuhan

Begini Kronologis Penemuan Mayat Mutilasi di Apartemen Kalibata

Depokrayanews.com- Polisi mendapati jasad termutilasi seorang pria yang sebelumnya dilaporkan hilang, di Lantai 16 Tower Ebony, Apartemen Kalibata ...