by

Sah ! Golkar dan PAN Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024

DEPOKRAYANEWS.COM- Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) secara resmi menyatakan dukungannya terhadap Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 mendatang. Dengan demikian, sudah 4 partai di belakang Prabowo setelah sebelumnya, Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengusung Menteri Pertahanan (Menhan) itu.

Dukungan terhadap Prabowo sebagai Capres 2024 disampaikan 4 partai pada acara pernyataan dukungan di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, Minggu 13 Agustus 2023.

Koalisi empat partai itu ditandai dengan penandatanganan kerja sama politik oleh empat ketua umum partai politik masing-masing, yakni Muhaimin Iskandar dari PKB, Zulkifli Hasan dari PAN, dan Airlangga Hartarto dari Golkar, serta Prabowo sendiri.

Prabowo menyampaikan bahwa dipilihnya tanggal ini tak terlepas sebagai momentum peringatan koalisi Gerindra dan PKB yang telah lebih dulu dibangun persis setahun silam. “Pada tanggal yang baik ini, 13 Agustus 2023, persis satu tahun tanda tangan kerja sama politik Gerindra dan PKB. Dan satu tahun kemudian kerja sama politik ini diperkuat dua partai bersejarah, partai yang besar,” kata Prabowo.

Dalam kerja sama politik itu, masing-masing partai politik akan diberikan porsi yang sama untuk membahas nama calon pendamping Prabowo di Pilpres 2024. Sebelum kerja sama politik ini ditandatangani setiap ketum parpol, mulai dari Airlangga, Zulkifli Hasan, dan Muhaimin terlebih dulu menegaskan pernyataan dukungan partainya masing-masing kepada Prabowo.

Airlangga mengatakan, Prabowo adalah sosok yang tepat untuk menjemput cita-cita Indonesia menjadi negara maju dari segi ekonomi. “Partai Golkar melihat kepemimpinan Bapak Prabowo Subianto sangat tepat untuk membawa Indonesia lolos dari middle income trap,” kata Airlangga.

Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan menyampaikan pandangan serupa. Ia juga menambahkan riwayat PAN yang setia mendukung Prabowo sejak Pilpres 2014. “Kami sudah sepuluh tahun bareng-bareng Pak Prabowo. Kalau tinggal sedikit kenapa tidak sabar. Kami melihat ini perjuangan 10 tahun akan tuntas karena kita sekarang sudah bersama-sama di istana,” ujar Zulhas.

Sementara itu, Muhaimin Iskandar mengaku gembira dengan bertambahnya rekan koalisi. Ia juga memuji Prabowo. “Pak Prabowo punya dua hal, keikhlasan dan pengabdian yang panjang. Insya Allah wujud kebersamaan kita menuju Indonesia yang lebih adil dan sejahtera dan maju,” kata Muhaimin.

Seperti diberitakn, PAN dan Golkar sebelumnya bergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama PPP. Namun, dengan pernyataan dukungan ini, hampir pasti KIB bubar karena PPP telah berkoalisi dengan PDI Perjuangan.

Sementara itu, Gerindra dan PKB sudah meneken kerja sama politik sejak tahun lalu. Tetapi, belum secara resmi mendeklarasikan capres. Kini, bola yang bergulir terkait siapa bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Prabowo. Sebelumnya, PAN getol mengajukan nama Menteri BUMN Erick Thohir. Sementara itu, PKB bersikeras mencalonkan Muhaimin Iskandar. Golkar tadinya mengincar kursi presiden. Seperti apa ujung cerinya, sangat ditunggu. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *