by

Sebanyak 113.420 Balita di Depok Dapat Vitamin A Secara Gratis

Depokrayanews.com- Sebanyak 113.420 balita berusia 6-59 bulan di Kota Depok akan mendapatkan Vitamin A melalui program Bulan Vitamin A pada Oktober 2023. Sebanyak 10.949 anak diantaranya berusia 6-11 bulan dan 102.471 anak berusia 12-59 bulan.

“Seluruh anak usia 6-59 bulan di Kota Depok harus mendapatkan vitamin A untuk kekebalan tubuhnya agar terhindar dari penyakit,” kata Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati di Depok, Kamis 5 Oktober 2023.

Menurut Mary, kapsul vitamin A bisa didapatkan secara gratis di fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik, Praktek Dokter, Praktek Mandiri Bidan dan Posyandu.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Depok, Zakiah mengatakan, pemberian vitamin A dosisnya disesuaikan dengan usia anak. Bagi anak usia 6-11 dosisnya 100.000 IU dengan tanda warna biru. Sedangkan, pemberian vitamin A bagi anak usia 1-5 tahun dosisnya 200.000 IU dengan tanda warna merah.

“Ada dua jenis dosis dengan dua tanda yaitu merah dan biru. Jadi pemberian vitamin A harus sesuai dengan usia anak,” kata dia.

Menurut Zakiah, Vitamin A atau retinol memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anak. Selain itu, juga bisa mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan serta mencegah anemia pada ibu nifas.

“Anak yang kekurangan vitamin A rentan terserang penyakit infeksi. Seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak, dan diare,” kata dia. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *