by

Target Pendapatan Pajak Kendaraan Bermotor Kantor Samsat Cinere Rp 259 Miliar

DEPOKRAYANEWS.COM– Potensi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang di wilayah pelayanan Cinere tahun 2023 mencapai Rp259 miliar. Angka itu sesuai dengan perkembangan unit kendaraan bermotor yang jumlahnya mencapai 385.004 unit.

“Potensi PKB mencapai 385 ribu kendaraan, baik motor maupun mobil, dengan asumsi pendapatan yaitu Rp259 miliar. Ini menjadi kabar baik juga tantangan untuk kami agar bisa mencapai target tersebut,” kata Kepala Pusat Samsat Depok II Cinere Enih Srimurni, seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok, Rabu 9 Agustus 2023.

Menurut Enih, jumlah kendaraan meningkat setiap tahun, sehingga akan mempengaruhi potensi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Namun demikian, penelusuran pajak juga terus dilakukan untuk memperbarui data, seiring penambahan kendaraan.

“Kami optimistis bisa dicapai. Karena jika dilihat dari tahun lalu atau 2022, realisasi pendapatan PKB sebesar Rp262 miliar atau 103 persen dari target Rp254 miliar. Mudah-mudahan tahun ini juga melebihi target,” kata Enih.

Enih menyebut, pihaknya memiliki beberapa program terobosan agar target realisasi PKB tercapai. Antara lain, pembentukan tim penelusur Kendaraan Tidak Melakukan Daftar Ulang (KTMDU) dan program Pengiriman Surat Cinta kepada Para Penunggak Pajak.

“Peran dan dukungan dari mitra di antaranya, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Kepolisian, Jasa Raharja dan bank BJB juga sangat mempengaruhi. Sinergitas ini yang akan terus kami bangun agar pencapaian PKB tahun ini juga tercapai,” kata dia. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *