by

Tips Kesehatan Bagi Calon Haji, Hindari Makanan dan Minuman Menghasilkan Gas

Depokrayanews.com- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok memberikan tips kesehatan bagi calon haji yang akan berangkat ke tanah suci

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh calon jemaah haji (calhaj) dalam menjalankan ibadah di Tanah Suci.

“Ini penting agar pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan lancar,” kata Mary seperti dikutip, Senin 22 April 2024.

Selain memiliki kesehatan fisik yang prima, para calon haji juga harus mampu menjaga kondisi agar tidak terkena ganguan kesehatan. Salah satunya ialah Heat Stroke atau sengatan panas.

Heat stroke ialah kondisi ketika tubuh mengalami peningkatan secara drastis hingga 40 derajat celcius atau bahkan lebih.

“Ini bisa dicegah dengan menghindari paparan langsung sinar matahari, minum air sesering mungkin, basahi kulit dengan semprotan air, gunakan pakaian yang longgar serta menyerap keringat dan gunakan alas kaki jika bepergian,” kata Mary.

Selain itu juga, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) harus dilakukan. Seperti, rutin cuci tangan, makan dengan gizi seimbang menggunakan toilet sehat dan menerapkan protokol kesehatan.

“Pemenuhan gizi seimbang sangat mendukung kebugaran fisik, terlebih bagi calhaj yang memiliki penyakit penyerta atau resiko tinggi (resti),” kata Mary.

Bagi calhaj dengan kategori resiko tinggi, sangat penting memperhatikan atau membatasi konsumsi gula, garam dan lemak. Di perjalanan sebaiknya menghindari minuman yang mengandung kafein dan soda.

Sebelum atau dalam penerbangan sebaiknya calon haji membatasi konsumsi makanan atau minuman yang menghasilkan gas. Di antaranya, sayur kol, ubi, durian, minuman bersoda, makanan berlemak tinggi dan bersoda.

Mary menuturkan, permasalahan gizi yang kerap kali muncul pada pelaksanaan ibadah haji biasanya diakibatkan oleh calon haji yang menyepelekan imbauan-imbauan tersebut.

“Nanti dampaknya akan muncul gangguan kesehatan, mulai dari dehidrasi, gula darah rendah, kelelahan, kurang nafsu makan, bahkan keracunan,” kata dia.

Dia berpesan kepada calon haji, jika ada keluhan kesehatan dapat segera menyampaikan kepada Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

“Jaga kesehatan baik sebelum keberangkatan maupun selama menjalankan ibadah di tanah suci. Jika ada keluhan kesehatan segera menghubungi petugas TKHI.” (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *