by

Anies-Muhaimin Akhirnya Sampaikan Ucapan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Depokrayanews.com- Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar akhirnya menyampaikan ucapkan selamat kepada presiden terpilih Prabowo Subianto dan wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

“Kami sampaikan kepada Pak Prabowo dan Pak Gibran. Selamat menjalankan amanat konstitusi, selamat bekerja menunaikan harapan rakyat yang kini diembankan di atas pundak bapak-bapak berdua,” kata Anies dalam rekaman video di kanal YouTube Anies Baswedan, Senin 22 April 2024.

Anies menyebut Prabowo sebagai seorang patriot yang berasal dari keluarga intelektual terpandang. Dia percaya Prabowo paham rambu-rambu dalam menjaga demokrasi.

Anies mengingatkan Prabowo menjamin kebebasan berpendapat saat menjabat presiden. Anies juga berharap Prabowo menghargai posisi oposisi dalam kehidupan negara demokrasi.

Selain itu, Anies berharap Prabowo menjamin kebebasan pers sebagai pilar keempat demokrasi. Terakhir, ia berharap Prabowo menghormati tiga cabang kekuasaan negara demokrasi, yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

“Sebagai seorang patriot terdidik, saya percaya Pak Prabowo akan mengembalikan dan akan menjaga nilai-nilai demokrasi ini,” ujarnya.

Menurut Anies, salah satu prinsip demokrasi adalah transisi kepemimpinan yang damai. Dia dan Cak Imin mendukung proses tersebut.

“Kami memilih untuk menjadi bagian yang terus menjaga, terus membangun mutu demokrasi di Indonesia,” kata dia.

Sebelumnya, MK menolak gugatan sengketa pilpres yang diajukan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud. MK menyatakan dalil-dalil para pemohon tidak beralasan menurut hukum.

Dengan putusan itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menetapkan Prabowo-Gibran sebagai pemenang Pilpres 2024. Penetapan dilakukan di Jakarta pada Rabu 24 April 2024.

Pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD juga sudah menyampaikan selamat kepada Prabowo-Gibran usai MK membacakan gugatan. (mad).

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *