by

Undang Dunia Usaha, Kadin Depok Gelar Sosialisasi Sertifikasi Halal

DEPOKRAYANEWS.COM– Kadin Kota Depok menggelar kegiatan sosialisasi sertifikasi halal secara gratis bagi dunia usaha di Balaikota Depok, Selasa 7 Maret 2023.

Ketua Kadin Kota Depok, Miftah Sunandar mengatakan, kegiatan sosialisasi itu merupakan inisiasi Kadin Kota Depok bekerjasama dengan Kayama Amanah Sejati dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). ”Sertifikasi halal kini sudah menjadi keharusan yang diatur dalam pasal 3 UU Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal,” kata Miftah Sunandar kepada depokrayanews.com, Rabu 1 Maret 203.

Menurut Miftah, pihaknya mendapat laporan bahwa masih banyak produk yang belum memiliki sertifikasi halal, termasuk usaha kuliner. Padahal pada Oktober 2024, semua bisnis kuliner dan produk kosmetika sudah harus memiliki sertifikasi halal. Sertifikasi halal itu penting untuk memberikan jaminan kehalalan produk yang dimakan atau yang diminum.

”Sekarang banyak makanan dan minuman yang belum bersertifikat halal, sehingga masyarakat ragu-ragu untuk membeli. Kita tidak bisa salahkan mereka, karena selama ini mereka belum mengetahui pentingnya sertifikasi halal, dan apa dampaknya kalau tidak memiliki sertifikasi halal,” kata Miftah.

Karena itu, Kadin Kota Depok bersama dengan Kayama dan BPJPH akan memberikan sosialisasi kepada dunia usaha, terutama yang terjun di bisnis kuliner. Ke depannya, Kadin juga akan memberikan pelatihan bagi peyelia halal dan auditor halal. ”Kita ingin masyarakat benar-benar mengosumsi makanan atau minuman yang jelas-jelas halal. Apalagi Depok adalah kota religius, sangat mengutamakan kehalalan,” kata pengusaha properti itu.

Materi sosialisasi akan disampaikan langsung dari pihak BPJPH sebagai lembaga yang bertanggunjawab terhadap proses kehalalal. Kemudian dari Kayama akan menyampaikan tatacara mendapatkan sertifikasi halal.

Selain dunia usaha, Kadin Depok juga mengundang dinas, instansi atau lembaga terkait dengan penerapan UU No 33 tentang Jaminan Produk Halal. ”Kami mengundang juga dari MUI Kota Depok, NU, Muhammadiyah, Ikatan Dokter, Baznas dan dinas terkait seperti Dinas Perdagangan dan Industri, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan, Dinas Koperasi, Dinas Kesehatan dan pihak rumah sakit,” kata Miftah.

Sedangkan dari kalangan dunia usaha, selain mengundang langsung perusahaan-perusahaan yang terjun di bisnis kuliner, Kadin Depok mengundang asosiasi dunia usaha seperti Apindo, Ipemi, Iwapi, Hipmi, asosiasi jasa boga, dan PHRI. ”Insya Allah acara ini juga akan dihadiri Ketua Kadin Jawa Barat,” kata dia. (red)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *