by

450 Kepala SD Ikuti Bimtek Peningkatan Kompetensi

M.Thamrin
Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, M. Thamrin.

DepokRayanews.com – Sebanyak 450 kepala sekolah (kepsek) dan pengawas tingkat SD mengikuti bimbingan teknis (bimtek) peningkatan kompetensi.

Kegiatan yang diinisiasi Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok itu, membahas tentang penyusunan dokumen perencanaan di setiap satuan pendidikan.

“Saya ingin semua kegiatan di sekolah, berawal dari dokumen perencanaan dan terprogram dengan rapi. Karena itu, baik pengawas dan kepala sekolahnya kita berikan pembinaan agar lebih tertib dalam menyerahkan laporan pendidikannya,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohammad Thamrin di Balai Kota, Senin (8/10/2018).

Menurut Thamrin, dokumen perencanaan pendidikan yang dimaksud, terdiri dari Evaluasi Diri Sekolah (EDS), Rencana Kerja Tahunan (RKT), Rencana Kerja Kepala Sekolah (RKS), dan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS). Keempat laporan ini, imbuhnya, harus sejalan dan mendukung program Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

“Misalnya harus berkaitan dengan program Sekolah Ramah Anak (SRA), Pendidikan Keluarga (PK), dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), kita ingin semuanya bersinergi. Caranya diawali dari perencanaan di sekolah masing-masing,” ucapnya.

Guna menghasilkan pemahaman yang komprehensif, kata Thamrin, para peserta bimtek juga mendapatkan materi dari Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok. Yaitu tentang pelaksanaan dan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan sekolah.

“Setelah bimtek, akan kita tindak lanjuti dengan workshop di setiap kecamatan. Masing-masing kepsek dan pengawas harus membawa dokumen perencanaannya,” kata Thamrin. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *