by

Memprihatinkan, 24 SD di Kota Depok Tidak Punya Kepala Sekolah

DEPOKRAYANEWS.COM- Memprihatinkan. Lebih 24 Sekolah Dasar (SD) di Kota Depok dibiarkan tidak punya kepala sekolah sejak tahun 2022 lalu sehigga banyak mengalami kendala.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD di Disdik Kota Depok, Wawang Buang bahkan memperkirakan jumlah SD yang tidak punya kepala sekolah lebih dari 24. Ini, karena banyaknya kepala sekolah yang pensiun sejak tahun lalu.

“Memasuki awal tahun ini, ada beberapa yang pensiun. Sedangkan kita belum ada Cakep atau calon kepala sekolah lagi, Cakep kita sudah habis,” kata Wawang Senin 22 Mei 2023.

Menurut Wawang, untuk menjadi kepala sekolah, seseorang harus mengikuti Diklat Calon Kepala Sekolah (CKS). Tapi kemudian ada aturan baru dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) 40 tahun 2021, bahwa seseorang bisa menjadi kepala sekolah setelah mengikuti Pendidikan Calon Guru Penggerak (CGP).

“Sedangkan guru penggerak kita sedang proses dan angkatan yang keenam baru selesai kemarin. Tinggal menunggu sertifikat guru penggeraknya,” kata dia.

Wawang menjelaskan, karena kondisi ini beberapa kepala sekolah harus rangkap jabatan atau membawahi beberapa sekolah seorang diri. Hal ini diakuinya memberikan hasil yang tidak maksimal. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *