by

Maju Jadi Calon Wali Kota Depok, Supian Suri Mundur dari ASN

Depokrayanews.com- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Supian Suri terang-terangan mengaku siap mencalonkan diri sebagai calon Wali Kota Depok dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 27 November 2024 mendatang. Bahkan dia juga siap mengundurkan diri sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN)

“Saya sudah membangun komunikasi dan bersilaturahmi dengan baik bersama para partai politik. Mudah-mudahan responsnya positif sampai hari pencoblosan 27 November 2024 mendatang,” kata Supian Suri seperti dikutip, Selasa 23 April 2024.

Supian Suri optimis akan mendapat dukungan dari partai politik, sehingga bisa ikut mendaftarkan diri dan menyampaikan serta menjalankan apa-apa yang menjadi harapan masyarakat.

Mantan ajudan Wali Kota Depok pertama itu, mengaku memutuskan terjun ke dunia politik karena ingin berperan lebih jauh sebagai pengambil kebijakan pemerintah.

“Selama perjalanan pemerintahan sebagai birokrat dari tahun 1999, itu lebih kepada menjalankan program atau kebijakan yang dikeluarkan pejabat politis, bukan sebagai pembuat atau pengambil kebijakan,” kata dia.

Karena itu, Supian Suri menyatakan siap mengundurkan diri sebagai ASN bila mendapat amanah dari partai politik sebagai calon wali kota.

“Di sisa masa bakti saya sebagai birokrat tinggal 10 tahun. Ketentuan sebenarnya pensiun dini berusia 50 tahun, tapi karena dari usia saya yang belum mencapai segitu (saat ini 49), berarti saya harus mengundurkan diri sebagai PNS, tidak dalam pensiun dini,” kata dia.

Dia pun berharap mendapat dukungan dari masyarakat saat terjun ke dunia politik. “Saya baru siap secara pribadi dan dari sisi keluarga. Siap menerima dukungan dari parpol dan masyarakat untuk memenangkan pesta demokrasi tahun ini,” ujar Supian.

“Saya sudah menjalin komunikasi dalam bentuk silaturahmi kepada beberapa parpol, mereka membuka kesempatan untuk saya mendaftar. Saya juga sudah menyampaikan profil dan mengajukan proposal untuk dapat dukungan,” kata dia.

Supian mengaku sudah menjalin komunikasi dengan Partai Gerindra, PPP, PAN, Demokrat, PDI-Perjuangan, dan Partai Golkar. “Dari semua jalinan silaturahim juga mendapat respons yang secara lisan positif, tapi belum dalam bentuk dukungan formal. Insya Allah mungkin berjalannya waktu bisa dapat dukungan-dukungan itu,” kata dia.

Hingga saat ini, Supian Suri belum mendapat dukungan formal dari partai politik, meskipun sudah banyak partai yang menyebut Supian Suri adalah tokoh potensial untuk memimpin Kota Depok. Respon positif secara lisan itu, setidaknya sudah disampaikan oleh PDI Perjuangan, PPP dan PAN. Bahkan PPP menyebut akan memasangkan Supian Suri dengan Qonita Lutfiyah mantan Ketua DPC PPP Kota Depok. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *