by

Bikin Geli, Warga Diminta Bikin Video Ucapan Terima Kasih Kepada Pemkot Depok Atas Pembangunan Infrastruktur

DEPOKRAYANEWS.COM- Pemkot Depok mengajak masyarakat membuat video berisi ucapan terima kasih atas pembangunan infrastruktur yang telah dikerjakan selama ini dengan iming-iming hadiah.

“Ayo ramai-ramai kita bikin video ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Depok atas pembangunan infrastruktur jalan maupun bangunan selama tahun 2022,” kata Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok, Selasa 20 Desember 2022.

Menurut Imam, video ucapan terima kasih itu dikirimkan ke akun media sosial pribadinya ataupun Pemkot Depok. Sayembara itu dilakukan karena Pemkot Depok mengeklaim warganya sangat puas dan senang melihat pembangunan infrastruktur di Depok.

Salah satu pembangunan infrastruktur yang diklaim disenangi warga adalah jalan lingkungan (jaling) yang diperbaiki oleh dinas terkait di Depok. “Warga sangat senang sekali atas pembangunan jaling. Sebab, jalanan jadi bagus,” ujar Imam.

Salah satu jalan lingkungan yang telah diperbaiki adalah jaling di Gang Makam I, Kelurahan Sawangan Lama. Jaling itu memiliki panjang 281 meter dan lebar 2,5 meter hingga 8 meter.

Adapun perbaikan jaling dilakukan dengan pengaspalan halus. Selain jaling di Gang Makam I, Pemkot Depok juga telah memperbaiki jaling di Jalan Jati, Kelurahan Sawangan Baru.

“Di sana, jaling yang diperbaiki sepanjang 344 meter dengan lebar 2,5 hingga lima meter. Perbaikan menggunakan cara betonisasi dan hotmix,” lanjut Imam. Banyak warga meminta jalan lingkungan di permukimannya juga turut diperbaiki.

Ajakan Pemkot Depok agar masyarakat membuat video ucapan terima kasih, oleh banyak pihak dianggap menggelikan. ”Apa-apan lagi nih. Membangun itu memang tugas pemerintah. Uangnya dari pajak-pajak yang dibayarkan masyarakat, kenapa mesti diminta kita bikin video ucapan terima kasih, menggelikan sekali,” kata Riana, salah seorang warga Tapos.

Menurut dia, Pemkot berbuatlah yang terbaik untuk masyarakat, karena sudah digaji menggunakan uang masyarakat. Jadi tidak perlu harus diajak masyarakat membuat pengakuan-pengakuan atas keberhasilan kerja. ”Dibanding daerah lain, pembangunan infrastruktur Kota Depok belum ada apa-apanya, kenapa harus ada bikin video-video segala, kenapa harus minta pengakuan segala,” kata dia.

Analis Politik dan Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam juga menyoroti sayembara yang digagas Pemerintah Kota Depok itu. Arif menilai, pembuatan video ucapan terima kasih itu menunjukkan bahwa Pemkot Depok mencari pengakuan atas kinerja membangun infrastruktur. Padahal, pembangunan infrastruktur memang tugas dan kewajiban Pemkot Depok.

Sayembara itu, kata dia, justru kontradiksi karena masyarakat akan menilai lebay. ”Tidak tepat karena pendekatan cari pengakuan, seharusnya pendekatan menyerap aspirasi,” ujar Arif seperti dilansir Kompas, Selasa 20 Desember 2022.

Menurut Arif, pengakuan itu mestinya tercipta ketika masyarakat tak lagi mengeluhkan kinerja Pemkot Depok. Artinya, kinerja Pemkot telah sesuai dengan harapan masyarakat. “Ketika masyarakat sudah tidak banyak komplain berarti kinerja telah bagus, sebaliknya jika banyak komplain maka kinerjanya patut dipertanyakan. Bukan minta pengakuan dengan meminta ucapan terima kasih,” kata dia. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *