by

BPJS Kesehatan Cabang Depok Sambut Kunjungan Kerja DPRD Kota Depok Dengan Antusias

Depokrayanews.com- Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok melakukan kunjungan kerja ke BPJS Kesehatan Cabang Depok pada Rabu 8 November 2023.

Dengan mengusung tema kunjungan terkait Program dan Layanan Bagi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Anggota Komisi D DPRD Kota Depok Ade Supriyatna dan Imam Musanto beserta tim langsung disambut oleh Elshe Theresia selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok beserta jajarannya.

“Kami tentu sangat menyambut baik kunjungan kerja ini, karena DPRD Kota Depok merupakan salah satu pemangku kepentingan yang berperan dalam menyukseskan Program JKN,” kata Elshe.

Hubungan BPJS Kesehatan Kota Depok dengan DPRD Depok selama ini sudah terjalin dengan baik. Kunjungan ini salah satu upaya agar hubungan yang sudah terbina dengan baik tetap terjaga.

“Kesempatan kunjungan ini kami gunakan untuk menyampaikan program-program unggulan BPJS Kesehatan yang saat ini sedang berjalan dan juga menyampaikan bagaimana update Program JKN yang saat ini sedang berjalan di Kota Depok sendiri,” kata Elshe.

Elshe menyebut program unggulan dari BPJS Kesehatan saat ini sangat banyak. Antara lain Program Rehab (Rencana Pembayaran Iuran Bertahap).

Program ini lahir untuk menjadi jawaban khususnya bagi para peserta yang memiliki tunggakan. Peserta yang menunggak salah satu hal yang bisa menganggu operasional Program JKN, sehingga tidak hanya melihat dari sisi BPJS Kesehatannya saja tapi juga melihat dari kemampuan dan keinginan peserta untuk membayar maka perlu adanya beberapa solusi untuk bisa menanggulanginya.

Salah satu solusinya adalah Program Rehab. Elshe juga mengungkapkan bahwa program ini disambut baik oleh peserta. Hal ini terbukti dengan antusias pendaftar Program Rehab yang terus bertambah.

“Kami tentu sangat berterima kasih kepada Ibu Elshe Theresia dan seluruh timnya yang menyambut baik kehadiran kami,” kata Ade Supriyatna.

Selain itu banyak sekali penjelasan terkait program yang ada di BPJS Kesehatan, sangat beragam dan solutif.

Berbagai macam program itu, kata Ade, menjadi solusi di setiap masalah yang dihadapi peserta.

“Jadi setiap persoalan peserta telah memiliki wadahnya atau salurannya masing-masing. Semoga implementasi di lapangannya berjalan dengan lancar dan berlangsung dengan baik. Sejauh ini Program JKN semakin banyak inovasi yang beragam dan solutif,” jelas Ade.

Ade juga menanggapi adanya janji layanan yang telah diimplementasikan saat ini. Janji layanan yang disampaikan Elshe, kata Ade, merupakan bentuk komitmen Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang tepat dilakukan saat ini.

Karena hal itu bisa jadi bagian untuk meredamkan keresahan peserta yang sedang berobat di Faskes, karena tertulis poin-poin yang jelas dan straight to the point.

Selain itu, bisa menjadi bentuk komitmen dari seluruh faskes untuk bersinergi dengan BPJS Kesehatan.

Ade berkata bahwa dampak dari janji layanan kepada peserta bisa menjadi afirmasi tertulis dari faskes kepada seluruh pasien yang datang dan berobat menggunakan Program JKN.

Pada kesempatan itu Ade juga menegaskan komitmen DPRD Kota Depok yang akan terus mensupport Program JKN agar tetap berjalan dengan baik sehingga dapat terus membantu seluruh warga Kota Depok dalam hal jaminan kesehatan. (DR/se)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *