by

Bukti Kepeduliaan Terhadap Sesama, BPJS Kesehatan Cabang Depok Gelar Donor Darah

DEPOKRAYANEWS.COM– Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengadakan kegiatan donor darah dalam rangka menyambut perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-55 yang mengusung tema “Transformasi Mutu Layanan, Komitmen Bersama Demi Kesejahteraan Bangsa”.

Kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh Kantor BPJS Kesehatan yang ada di seluruh Indonesia pada Selasa, 11 Juli 2023. Begitu juga dengan BPJS Kesehatan Cabang Depok yang turut serta melaksanakan kegiatan donor darah yang dilaksanakan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Depok bersama tim Palang Merah Indonesia (PMI) Depok.

Di Kantor Pusat BPJS Kesehatan, jajaran Direksi BPJS Kesehatan, termasuk Direktur SDM dan Umum, Andi Afdal; Direktur Teknologi Informasi, Edwin Aristiawan; serta Direktur Kepesertaan, David Bangun, ikut meramaikan kegiatan donor darah.

Selain itu seluruh Duta BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia juga ikut dalam kegiatan donor darah di cabangnya masing-masing. ”Keikutsertaan para direksi beserta Duta BPJS Kesehatan ini menunjukkan keseriusan dan dukungan penuh BPJS Kesehatan terhadap kegiatan sosial yang positif yang berdampak nyata bagi masyarakat,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok, Elshe Theresia.

Menurut Elshe, donor darah memiliki peran penting dalam dunia kesehatan. Darah yang didonorkan menjadi sumber kehidupan bagi pasien yang membutuhkan transfusi darah, seperti penderita penyakit kronis, korban kecelakaan, serta mereka yang menjalani operasi.

Kegiatan donor darah, kata Else, tidak hanya memberikan manfaat bagi penerima donor darah, tetapi juga bagi para pendonor sendiri. Selain berkontribusi dalam membantu sesama, para Duta BPJS Kesehatan yang melakukan donor darah juga mendapatkan manfaat kesehatan.

Selain itu, donor darah juga menjadi wujud nyata dari semangat transformasi mutu layanan. BPJS Kesehatan terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu layanan kesehatan yang diberikan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Melalui kegiatan donor tersebut, transformasi mutu layanan merupakan komitmen bersama untuk mencapai bangsa Indonesia yang semakin sehat.

“Dengan semangat tranformasi mutu layanan dan komitmen bersama, BPJS Kesehatan terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik dalam rangka meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia. Kegiatan donor darah menjadi bukti bahwa BPJS Kesehatan tidak hanya menjadi lembaga negara dalam penyelenggaraan jaminan kesehatan, tetapi juga menjadi bagian yang peduli dan berkontribusi dalam memajukan kesehatan bangsa. Selain ini juga banyak kegiatan lainnya yang telah dilakukan oleh BPJS Kesehatan dalam rangka menyambut HUT ke-55 nanti, seperti penyuluhan kesehatan, kegiatan sosial, dan pemberian bantuan kepada masyarakat kurang mampu,” jelas Elshe.

Kepala Seksi Pelayanan Donor Darah PMI Kota Depok, Yuli Astuti, mengapresiasi kegiatan donor darah serentak yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan. Menurutnya kegiatan ini merupakan wujud nyata bentuk kepedulian terhadap sesama khususnya di bidang kesehatan.

Selama ini kegiatan donor darah terbuka lebar di PMI seluruh Indonesia, bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darah dapat datang langsung ke PMI terdekat dan akan dilakukan beberapa cek kesehatan. Jika hasil tes masuk dalam kriteria, maka bisa dilakukan donor darah di hari yang sama. Maka peserta donor darah tidak perlu melakukan reservasi di hari sebelumnya.

“Dengan adanya kegiatan donor darah serentak sangat bermanfaat bagi pasien yang membutuhkan disamping itu baik juga untuk kesehatan pendonor. Donor darah on the spot seperti ini tentunya akan menghasilkan lebih banyak hasil donor dibandingkan donor darah harian yang biasanya peserta datang langsung ke PMI. Jadi kami sangat merasa terbantu, khususnya untuk memenuhi kebutuhan donor darah yang masyarakat butuhkan saat ini. Kami berharap melalui kegiatan ini BPJS Kesehatan dapat terus memperluas jangkauan dan meningkatkan layanan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata Yuli. (DR/se)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *