by

Inilah 3 Koperasi Paling Sehat di Kota Depok

DEPOKRAYANEWS.COM- Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok memberikan penghargaan kepada tiga koperasi yang dinilai paling sehat di Kota Depok. Ketiga koperasi itu sangat aktif dan menerapkan kewajibannya dengan baik.

Penghargaan diberikan pada Pekan Koperasi Kota Depok 2023, di Pasar Rakyat Jabar, Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, yang digelar sejak 19 hingga 21 Juli 2023.

Kepala DKUM Kota Depok, Dede Hidayat mengatakan tiga koperasi penerima penghargaan itu adalah Koperasi BMT Amaliyah At-Taufiq, Koperasi Konsumen Teratai Mandiri, dan Koperasi Muamalah Mandiri. Ketiga koperasi ini mendapat nilai terbaik dari 176 koperasi lainnya di Depok.

“Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah untuk meningkatkan motivasi koperasi yang lain agar lebih baik kembali,” kata Dede Hidayat, Kamis 20 Juli 2023.

Koperasi BMT Amaliyah At-Taufiq asal Kecamatan Cimanggis mendapatkan skor 85,49 dengan hadiah Rp 14 juta. Koperasi Konsumen Teratai Mandiri asal Kecamatan Cimanggis mendapatkan skor 84,14 dengan hadiah Rp 10 juta. Sedangkan Koperasi Muamalah Mandiri asal Kecamatan Sawangan mendapatkan skor 83,98 dengan hadiah Rp 6 juta.

Penilaian terhadap koperasi-koperasi itu dilakukan oleh tim independen dari Ikatan Keluarga Alumni IKOPIN dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Manajemen Bisnis Indonesia.

“Penilaiannya dari segi tata kelola, profil risiko, kinerja keuangan, manajemen keuangan, penilaian dan penetapan tingkat kualitas penerapan manajemen risiko, dan permodalan. Hasil ini dinilai dari kondisi terakhir di koperasi pada rentang 2021-2022,” kata Dede. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *