by

Inilah Sosok Pencetus Ajang Citayam Fashion Week di Sudirman Jakarta

DEPOKRAYANEWS.COM- Fenomena Citayam Fashion Week yang digandrungi remaja-remaja Sudirman, Citayam, Bojong Gede hingga Depok (SCBD) tidak hanya menjadi topik pembicaraan di Jabodatebek. Tapi sudah mendunia. Media fesyen Jepang juga menyorot Citayam Fashion Week. Luar biasa.

Bahkan Paula Verhoeven, wanita yang memiliki karir menjulang sebagai model Internasional ikut meramaikan Citayam Fashion Week.

Sejumlah komunitas fashion di Kota Depok berencana untuk menggandeng para ”pelaku” Citayam Fashion Week itu untuk membuat sesuatu yang berarti bagi Depok dan Indonesia.

Awalnya, aksi anak-anak muda dari Citayam dan Bojong Gede ini malah jadi cemoohan banyak pihak, karena menilai tampilan mereka yang minor, kemudian membuat sampah sembarangan di kawasan Dukuh Atas Sudirman Jakarta. Kalangan nitizen menganggap acara itu sangat norak.

Tapi kini, banyak pihak mengakui aksi mereka luar biasa. Mereka berhasil membuka mata dunia, bahwa anak dari Citayam Bojong Gede bisa membuat sesuatu sehingga banyak orang terperangah. Pihak Tik Tok pun mengakui aksi mereka keren.

Padahal aksi mereka dilakukan di zebra cross kawasan Sudirman tepatnya di Dukuh Atas, Jakarta. Jalur inilah yang mereka jadikan sebagai catwalk. Mereka tidak perlu mengeluarkan uang ratusan juga untuk menyewa venue, atau membayar perancang untuk menyiapkan rancangan pakaian yang mereka kenakkan untuk berlengang lenggok di zebra cross pada Sabu 16 Juli 2022 malam. Tapi mereka berhasil mencuri perhatian jutaan orang.

Cuplikan video catwalk ABG Citayam Fashion Week itu pun viral. Sebuah video yang diunggah akun TikTok @syaslash pada Sabtu 16 Julu 2022, memperlihatkan dua orang pemuda ´Citayam Fashion Week´ yang mengenakan outfit menarik dan berjalan catwalk layaknya model fashion papan atas.

¨Jujur kalian keren,¨ tulis akun TikTok tersebut. Dalam video tersebut, seorang pemuda terlihat menggunakan kaos tanpa lengan dengan dasi dan kacamata berwarna putih. Pemuda yang satunya lagi tampak menggunakan celana berwarna hitam yang senada dengan warna kemeja bergaris yang dikenakannya.

Lalu siapa sosok dibalik iven anak kampung yang berhasil go internasional itu ?

Ternyata, pencetus acara Citayam Fashion Week itu adalah Abdul Sofi Allail, pemuda berusia 19 tahun. Ia menggagas ide itu bersama temannya bernama Adit.

Pemuda yang merupakan penggemar fashion Jepang, Harajaku itu mengaku tiba-tiba terbesit ide untuk membuat fashion show ketika menyaksikan fenomena ABG Citayam Fashion Week asik nongkrong dan adu fashion.

Pertama kalinya, fashion show versi Citayam Fashion Week digelar pada Sabtu 16 Juli 2022. Lalu, kembali digelar esok harinya pada Minggu 17 Juli 2022.

Abdul Sofi Allail, adalah seorang konten creator. ¨CITAYEM FASHION WEEK,¨ tulis Abdul pada Minggu 17 Juli 2022.

Melalui akun TikTok pribadinya @abdulsofiallail, Abdul membagikan berbagai video yang menampilkan keseruan acara fashion show ´Citayam Fashion Week´ yang berlangsung dengan meriah namun tetap tertib.

Ide itu dinilai netizen sebagai hal yang positif dan banyak yang mendukung kegiatan tersebut. ¨Gk tau ya tapi menurut gw lebih baik ini dripada tawuran si. mungkin emg masih banyak hal bermanfaat lain yang bisa mereka lakuin,¨ kata netizen.

¨Tapi jalanya keren kayak model Balenciaga,¨ ujar netizen. ¨Sebenernya ini potensi ga si, kalau difasilitasin mungkin mereka punya bakat di bidang fashion,¨ tulis netizen. ¨Keren dan kreatif sih, smoga acara” kek gini bisa ngembangin brand lokal kedepannya,¨ tambah netizen lain.

Setelah viral di berbagai media sosial dalam negeri, rupanya “Citayam Fashion Week” turut membetot perhatian media fesyen Jepang.

Melalui sebuah utas di Twitter dikutip Sabtu 16 Juli 2022, akun Tokyo Fashion mengapresiasi anak-anak muda Indonesia yang berdandan dan membuat jalanan di Jakarta layaknya catwalk.

“Utas ini sangat keren karena berhasil menangkap potret remaja Indonesia berpakaian dengan anggun hingga membuat jalanan Jakarta Pusat bak sebuah catwalk ajang busana, tidak seperti ABG Harajuku di Jepang ini,” tulis cuitan akun Tokyo Fashion.

Akun ini juga berharap para fotografer hebat Indonesia bisa mempromosikan dan memotret fenomena ini dengan baik.

“Semoga akun-akun fotografi Indonesia tetap menangkap potret gaya busana remaja tersebut dan membuat fenomena ini tetap hidup!,” imbuhnya.

Akun tersebut juga membandingkan popularitas TikTok untuk mempopulerkan gaya ABG Harajuku di Jepang dan Citayam Fashion Week di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan apresiasi terkait ide-ide hingga terjadinya ‘Citayam Fashion Week’. Bahkan dia berharap ‘Citayam Fashion Week’ itu dapat menjadi seperti Harajuku di Jepang.

“Saya justru memberikan ruang dan peluang bagi mereka ini bukan hanya menjadi hits atau tren saat liburan sekolah. Tetapi kaya di Jepang ada Harajuku di New York ada Fourty Second Street dan ini mereka bisa menjadi trendsetter untuk fashion Indonesia,” kata Sandiaga.

Menurut dia, anak-anak di ‘Citayam Fashion Week’ dapat dijadikan influencer atau berkolaborasi dengan produk UMKM. “Mereka banyak pakai hoodie kenapa tidak kita barengkan misalnya mereka bisa menjadi influencer atau trendsetter yang bisa kita kolaborasikan. Kemenparekraf akan menyiapkan platform selain beasiswa yang kita tawarkan kepada mereka untuk menciptakan konten-konten berkualitas tapi kita juga ingin naik kelas. Kami ingin suatu saat mereka bisa mendunia, go internasional,” kata Sandi. (ris/mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed