Kecewa dengan PAN, Amien Rais Siapkan Partai Baru

Sebarkan :

 

Amien Rais

Depokrayanews.com- Amien Rais dikabarkan sedang membentuk partai baru, setelah sebelumnya mengaku dikeluarkan dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Hal itu diungkapkan oleh Agung Mozin, loyalis Amien Rais.

Awalnya Agung Mozin menjelaskan kehadiran Amien Rais pada deklarasi KAMI di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, pada Selasa 18 Agustus 2020 lalu.

Ia menyebut Amien Rais hadir dan menjadi deklarator KAMI, kaena punya kesamaan ide.

Ia lalu mengungkapkan Amien Rais sedang membentuk partai politik baru.

Agung yang turur hadir dalam deklarasi itu menilai kehadiran KAMI sebagai bentuk ketidakberdayaan partai politik menyuarakan aspirasi rakyat.

Ia menyatakan suara kritis yang disampaikan KAMI sejalan dengan risalah politik Amien Rais. “Kehadiran KAMI sebagai bentuk ketidakberdayaan partai politik lama yang ada di Senayan, mereka sudah tidak mampu lagi menyuarakan aspirasi rakyat. Sama seperti semangat Pak Amien Rais dan kawan-kawan membentuk partai baru karena partai lama sudah kehilangan jati dirinya,” kata dia.

Sebelumnya, Amien Rais mengaku telah dikeluarkan dari Partai Amanat Nasional (PAN), karena perbedaan prinsip dalam menjalankan roda partai ke depan.

“Saya tidak di PAN sama sekali, saya sudah dikeluarkan anak buah saya karena berbeda prinsip,” ungkap Amien Rais di acara diskusi virtual bertema Bahaya Komunisme di Dunia Islam, di channel YouTube UTZ Official, Jakarta, Kamis 23 Juli 2020 lalu.

“Saya katakan adik-adikku, para kader-kaderku yang cerdas dan pandai-pandai, berhitunglah dengan rasional, di atas itu juga berhitung dengan keimanan,” kata Amien Rais ketika itu.

Menurut Amien Rais, perbedaan prinsip tersebut karena PAN yang saat ini di bawah kepemimpinan Zulkifli Hasan, berencana bergabung dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kalau Anda tetap ingin dukung rezim ini, itu jelas sesuatu langkah yang keliru bin salah,” ucap Amien Rais.

Amien Rais pun mengaku telah menyampaikan ketidaksetujuannya jika PAN bergabung ke pemerintahan Jokowi-Maruf Amin, meskipun diberikan jabatan dalam Kabinet Indonesia Maju.

“Saya tidak setuju bergabung dengan rezim yang sudah tidak ketulungan, sementara mereka yakin bergabung rezim Jokowi, akan dapat logistik, akan dapat segala macam,” papar Amien Rais.

Pengurus PAN membantah mengeluarkan Amien Rais dari partai berlambang matahari putih. Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan, Amien Rais merupakan pendiri PAN dan tokoh utama di dalam partai.

“Boleh dibilang Pak Amien Rais adalah rohnya partai. Jadi tidak mungkin ada yang berani untuk memberhentikan Pak Amien Rais, itu rasanya sudah di luar nalar,” ujar Eddy.

Sumber:wartakota


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Menhub Luncurkan 2 Aplikasi untuk Mencegah Kluster Angkutan Umum

Depokrayanews.-com- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meluncurkan dua aplikasi yakni E-Ticketing dan aplikasi Lacak Trans ...