by

Ketua Apindo: PSBB Tidak akan Berhasil Menekan Angka Penyebaran Covid-19

Depokrayanews.com- Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani menilai kebijakan pemerintah menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tidak akan berhasil menekan angka penyebaran pandemi Covid-19.

Yang perlu dilakukan, kata dia, adalah melakukan pengawasan yang ketat terhadap perubahan perilaku masyarakat di lingkungannya, bukan dengan membatasi sektor perekonomian.

“Kalau menurut saya mau PSBB berapa kali pun tidak akan menyelesaikan masalah, kalau akar masalahnya itu dari masyarakatnya tidak kita antisipasi,” kata Hariyadi dalam diskusi virtual dari BNPB, Jakarta, pada Jumat 8 Januari 20201.

Menurut Haryadi, pengusaha sebenarnya selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat di tempat kerja, ketika ada karyawan yang terinfeksi, kantor langsung ditutup. Ketika dilakukan tracing justru ditemukan bahwa karyawan tersebut tertular dari lingkungan rumahnya.

“Jadi kita kalau melihat begini kita juga bingung, ini sebenarnya mau bagaimana, karena kalau kita misalnya di manufaktur, memang betul ada yang cukup besar (kasusnya), begitu kita tracing itu dapetnya ya dari lingkungannya, bukan karena lingkungan kerjanya, tapi dari lingkungan rumahnya,” kata dia.

Seperti diberitakan, pemerintah pusat akan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar di sebagian daerah di Jawa-Bali pada 11-25 Januari 2021. Pembatasan aktivitas meliputi pembatasan di tempat kerja dengan work from home sebanyak 75 persen dengan melakukan protokol kesehatan dengan ketat.

Kemudian kegiatan belajar-mengajar seluruhnya melalui daring. Sektor esensial berkaitan kebutuhan pokok tetap beroperasi 100 persen dengan pengaturan jam operasional dan kapasitas serta penerapan protokol kesehatan ketat.

Pembatasan jam buka kegiatan di pusat perbelanjaan hingga pukul 19.00 WIB. Makan dan minum di tempat maksimal 25 persen dari kapasitas tempat, dan pemesanan take away atau delivery tetap diizinkan. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *