Kota Bandung Paling Taat Menjalankan Kebijakan PSBB

Sebarkan :

 

Jalan Kota Bandung ditutup saat PSBB.

Depokrayanews.com- Membeludaknya anggota masyarakat menyambangi pusat-pusat perbelanjaan dengan dalih membeli busana menyambut hari raya terasa memprihatinkan. Pasalnya, saat ini tengah berlangsung Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB demi memutus rantai penyebaran 2019 Novel Coronavirus atau Covid-19.

Dalam situasi seperti sekarang, tetap berada di rumah adalah langkah terbaik. Tidak saja melindungi diri sendiri, namun keluarga serta masyarakat. Apalagi, infeksi Covid-19 juga bisa berlangsung tanpa gejala atau asymptomatic.

Berdasarkan data Waze–aplikasi navigasi berkendaraan menggunakan data real time–Kota Bandung, ibu kota Provinsi Jawa Barat adalah kota besar yang paling taat menjalankan kebijakan PSBB. Disebutkan bahwa sejak PSBB diberlakukan, aktivitas mengemudi kendaraan di Kota Bandung turun 82 persen dari jumlah rata-rata kilometer mengemudi sebelum PSBB.

“Selain data mengenai kota, kami tidak dapat menjangkau secara lebih spesifik demi melindungi privasi pengguna kami. Namun, kami bisa berbagi data yang menunjukkan perubahan persentase mengemudi yang tercatat di jalan di beberapa wilayah utama di Indonesia sejak PSBB,” demikian papar Waze Indonesia menjawab pertanyaan tertulis yang dilayangkan kantor berita Antara.

Adapun urutan tertib PSBB berdasar penggunaan aplikasi Waze di Indonesia, yang merujuk pada pantauan aktivitas mengemudi adalah sebagai berikut:

1. Kota Bandung mengalami penurunan pemakaian -82 persen
2. Jakarta dengan penurunan -76 persen
3. Surabaya -75 persen
4. Tangerang -74 persen
5. Bekasi -68 persen

Berdasarkan data Waze, Tangerang Selatan memiliki pengurangan lalu lintas terkecil sejak PSBB. Yaitu, pengguna Waze mengemudi 47 persen km lebih sedikit dibandingkan rata-rata harian pada Februari untuk periode dua minggu, yaitu pada 11-25 Februari 2020, dibandingkan dengan lima kota tadi. Lalu bagaimana dengan Kota Depok ? Ternyata tidak masuk dalam 5 besar kota yang paling taat penerapkan PSBB.

Data Waze menunjukkan bahwa di seluruh dunia, sebagian besar negara telah berhenti mengemudi secara dramatis. Secara global, pengguna Waze mengemudi 60 persen km lebih sedikit dibandingkan dengan rata-rata harian pada Februari untuk periode dua minggu, dengan pengambilan data pada 11-25 Februari 2020.

Sejalan dengan tren global, dengan PSBB yang saat ini sedang diterapkan di beberapa daerah di Indonesia, pengguna Waze mengemudi 66 persen km lebih sedikit dibandingkan dengan rata-rata harian pada Februari untuk periode dua minggu, dengan durasi pengambilan data yang sama (11-25 Februari 2020). (antara)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP Meninggal karena Covid-19

Depokrayanews.-com- Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Aryo Hanggono meninggal dunia setelah ...