by

Ketua DPC PKB Kota Depok M. Faizin: Pendidikan Bukan Barang Dagangan

Depokrayanews.com- Ketua DPC DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Depok, M. Faizin menolak rencana pemerintah mengenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) terhadap bidang pendidikan.

“Sekolah akan menjadi barang mewah dan menjauhkan anak-anak dari haknya untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Sekarang saja, masih banyak anak yang tidak bisa sekolah karena biayanya sudah tinggi, apalagi setelah dikenakan PPN. Anak-anak Indonesia yang menjadi korban,” kata Faizin kepada wartawan, Selasa 14 September 2021.

Anggota Fraksi PKB DPRD Jawa Barat itu khawatir, pengenaan PPN pada bidang pendidikan akan menurunkan kualitas pendidikan di Indonesia karena semakin mahalnya biaya lembaga pendidikan.

PKB, kata dia, menolak bidang pendidikan jadi barang dagangan. Karena itu, bidang pendidikan tidak sepatutnya dikomersialisasi. ”Pemerintah seharusnya memikirkan bagaimana anak bangsa bisa bersekolah dengan mudah dan dijamin negara. Mendapatkan layanan pendidikan yang layak adalah hak seluruh anak Indonesia,” kata Faizin.

Dia menegaskan, kondisi saat ini tidak memungkinkan bagi pemerintah memberikan pajak biaya pendidikan. Menurutnya, pendidikan seharusnya menjadi tanggung-jawab pemerintah.

PKB menilai, pendidikan yang dibiayai pemerintah masih belum bisa menghasilkan kualitas yang sesuai harapan masyarakat. Dari anggaran yang ada pemerintah baru bisa memberikan layanan pendidikan di sekolah negeri yang dinilai masih minimal. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed