by

KPU Kembalikan Berkas 16 Partai Politik Termasuk Partai Berkarya Punya Tommy Soeharto

DEPOKRAYANEWS.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengembalikan berkas 16 partai politik (parpol) karena gagal melengkapi hingga batas waktu pendaftaran, termasuk Partai Beringin Karya atau Partai Berkarya yang didirikan Tommy Soeharto, anak Mantan Presiden Soeharto.

Keputusan itu dibuat setelah KPU mengecek kelengkapan berkas semua partai yang mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024. KPU baru merampungkan pengecekan pada Selasa 16 Agustus 2022 siang.

“Dalam pemeriksaan, kami pastikan seluruh berkas yang diserahkan itu kami selesaikan terlebih dahulu. Ke-16 parpol tersebut yang berkas dokumen pendaftarannya kami kembalikan karena tidak lengkap,” kata Komisioner KPU Idham Holik di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa 16 Agustus 2022.

Dari 16 partai politik itu, satu diantaranya partai yang pernah ikut Pemilu 2019 lalu yakni Partai Beringin Karya (Berkarya) yang didirikan Tommy Soeharto.

Sedangkan 15 partai lain adalah partai baru yakni Partai Demokrasi Republik Indonesia (PDRI), Partai Kedaulatan Rakyat, Partai Indonesia Bangkit Bersatu (IBU), Partai Pelita, Partai Reformasi, dan Partai Karya Republik (Pakar).

Selanjutnya ada Partai Pemersatu Bangsa, Partai Bhinneka Indonesia, Partai Pandu Bangsa, Partai Perkasa, Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai), Partai Masyumi, Partai Damai Kasih Bangsa, Partai Kongres, dan Partai Kedaulatan.

Dari 15 partai baru itu ada partai yang didirikan Ari Sigit, Cucu Mantan Presiden Soeharto. Kemudian di Partai Pelita ada nama Mantan Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin.

Sementara itu, ada 24 parpol yang berhasil melengkapi berkas pada masa pendaftaran. KPU melakukan verifikasi administrasi terhadap parpol-parpol tersebut.

Parpol yang lolos verifikasi administrasi akan mengikuti verifikasi faktual. Jika lolos, mereka akan diumumkan sebagai peserta Pemilu 2024 pada 14 Desember 2022. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed