by

Kucurkan Dana Rp 70 Miliar, Pemerintah Pusat Bangun Tempat Pengolahan Sampah Terpadu di Depok

DEPOKRAYANEWS.COM- Pemerintah pusat akan mengucurkan dana sekitar Rp 70 miliar untuk membangun Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di Kota Depok.

Menurut Team Leader National Project Management Consultant (NPMC) – ISWMP, Direktorat Sanitasi, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ria Ismaria, TPST yang akan dibangun dapat mengolah sampah 300 ton per hari. Dengan, hasil produk berupa Refuse Derived Fuel (RDF).

“Depok saat ini masih tahap desain, kemungkinan selesai di bulan Agustus,” kata Ria Ismaria seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok, Kamis 22 Juni 2023. Dana sebesar Rp 70 miliar itu dikucurkan melalui program Improvement of Solid Waste Management to Support Regional and Metropolitan Cities (ISWMP)

Selesai desain, akan dilanjutkan ke proses lelang pada bulan September. ”Jika semua berjalan lancar, maka bulan Oktober sudah dimulai pembangunan dan diperkirakan akan selesai di bulan Mei atau Juni tahun depan,” kata Ria.

Dia berharap, dengan hadirnya TPST ini permasalahan sampah di Kota Depok dapat segera teratasi.”Jadi, dengan adanya TPST ini, Pemkot Depok sudah bisa melakukan pengolahan sampah di sumbernya, sehingga yang masuk ke TPA Cipayung semakin sedikit,” kata dia. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *