by

Mahasiswa, Jangan Lupa Proteksi Diri di Perantauan dengan JKN-KIS

Devi Kharinawaty, peserta JKN-KIS.

DepokNews.com– Tuntutan untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik, telah membuat banyak mahasiswa rela merantau ke daerah lain. Meski demikian, menjadi mahasiswa perantau bukanlah perkara mudah. Hidup sendiri dan jauh dari keluarga membuat seorang mahasiswa perantau harus belajar hidup mandiri. Kondisi ini pun terkadang menjadi kehawatiran tersendiri bagi para orang tua. Terlebih jika sang anak mengalami sakit. Itulah alasan mengapa jaminan perlindungan kesehatan sangat penting bagi para mahasiswa yang merantau.

Salah satu peserta JKN-KIS, Devi Kharinawaty yang merupakan seorang mahasiswi semester 3 yang menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi ternama, mengungkapkan bahwa JKN-KIS sangat penting sebagai jaminan perlindungan diri. Menurutnya, JKN-KIS yang selalu menemaninya di perantauan bak orang tua sendiri.

“Orang tua saya selalu berpesan untuk membawa JKN-KIS kemana pun saya pergi. Hidup sendiri di perantauan sulit terutama kalau sakit. Tidak ada orang tua yang mengurus kita. Tapi untungnya saya sudah terdaftar JKN-KIS, jadi kalau sakit bisa langsung pergi berobat,” ujar Devi.

Devi mengungkapkan bahwa ia pertama kali didaftarkan sebagai peserta JKN-KIS oleh perusahaan tempat ayahnya bekerja. Saat ini pun seluruh keluarganya juga sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS.

“Setiap kali orang tua menghubungi saya, mereka selalu berpesan untuk menjaga pola hidup sehat. Makan dan tidur yang teratur. Kalau sakit segera ke klinik dan jangan lupa bawa kartu JKN-KIS. Mereka memang sangat paham bahwa JKN-KIS akan sangat berguna untuk melindungi saya kalau sakit. Ya berkat JKN-KIS saya rasa mereka tidak terlalu khawatir lagi sama saya,” ujar Devi.

Devi pun berpesan kepada semua mahasiswa perantau agar jangan lupa selalu membawa JKN-KIS kemana pun pergi. Serta selalu pastikan kartunya aktif dengan rutin dan tepat waktu membayar iuran, sehingga ketika akan menggunakan tidak akan ada masalah.

“Mari kita juga selalu menjaga pola hidup sehat karena sakit sebagian besar diawali karena kebiasaan buruk kita sendiri sendiri. Jadi ada dua hal yang perlu selalu kita ingat, yaitu ingat sehat, ingat JKN-KIS,” kata Devi. (DT/mr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *